General Maintenance dan Perhitungan Efisiensi Bearing pada Mesin Cage Forming Di PT. Adhi Persada Beton

Prakosa, Hamdan Nur (2022) General Maintenance dan Perhitungan Efisiensi Bearing pada Mesin Cage Forming Di PT. Adhi Persada Beton. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 10211910000033-Project_Report.pdf] Text
10211910000033-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

PT Adhi Persada Beton merupakan anak perusahaan PT. Adhi Karya yang bergerak pada bidang bisnis beton precast dan beton ready mix. Pada magang ini saya ditempatkan pada Divisi Peralatan, merupakan divisi yang menjadi lingkup pekerjaan pada bagian perlatan, pemeliharaan, dan pemeliharaan meliputi mesin kegiatan produksi dan alat berat. Pada magang industri ini terdapat tugas khusus, yaitu pendataan komponen dan juga membuat pengelompokan level kerusakan pada komponen komponen yang ada pada mesi Cage Forming. Selain itu tugas khsusus utama adalah mengecek kelayakan bearing pada body utama mesin Cage Forming yang akan dilakukan perhitungan umur bearing guna mengetahui apakah layak atau tidaknya bearing tersebut dan juga rekomendasi perhitungan beban ekivalen dan daya yang hilang akibat gesekan. Dari analisa perhitungan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pengelompokan spare part dan juga level kerusakan perlu dilakukan untuk memudahkan mekanik dalam melakukan perawatan. Oleh karenanya, penulis memberikan rekomendasi part list dan level kerusakannya. 2. Berdasarkan hasil perhitungan bearing pada Mesin Cage Forming (MCF 001) dengan beban aksial 2646 kg dan beban radial 270 kg diperoleh hasil beban ekivalen sebesar 11941,86 lbf. Umur bearing diperkirakan 192011,13 jam atau sekitar 22 tahun jika dipakai non-stop, diasumsikan pada PT. Adhi Persada Beton lama produksi perhari 10 jam maka umur bearing mencapai 52 tahun. Dan daya yang hilang pada bearing tersebut akibat gesekan sebesar 0,0093 HP. 3. Dari hasil umur bearing dapat disimpulkan bahwa bearing masih layak digunakan. Kondisi Mesin Cage Forming yang terpakai kurang lebih 20 tahunan maka bearing masih sanggup digunakan hingga 30 tahun kedepan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bearing, Elemen mesin, Mesin Cage Forming, Daya Bearing, Umur Bearing
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1077 Lubrication and lubricants.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ174 Maintenance and repair of machinery
T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Hamdan Nur Prakosa
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:20
Last Modified: 24 Jul 2023 07:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99209

Actions (login required)

View Item View Item