Deteksi Gen Penyandi Resistensi Vankomisin pada Bakteri yang Diisolasi dari Sampel Feses Manusia

Amala, Siti Nur (2023) Deteksi Gen Penyandi Resistensi Vankomisin pada Bakteri yang Diisolasi dari Sampel Feses Manusia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 01311940000046-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
01311940000046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan antibiotik yang tidak terkontrol telah mendorong peningkatan resistensi terhadap antibiotik. Resistensi telah menyebabkan vankomisin sebagai salah satu antibiotik pilihan terakhir untuk mengobati infeksi bakteri patogen Gram positif menjadi tidak efektif dan menjadi tantangan khusus dalam manajemen klinis. Penelitian deteksi molekuler gen resisten vankomisin menggunakan teknik Polymerase Chain Reaction (PCR) telah banyak dilakukan pada isolat klinis bakteri Enterococcus dan Staphylococcus aureus, tetapi di Indonesia belum banyak penelitian deteksi gen resisten vankomisin dari populasi masyarakat, sedangkan gen resistensi vankomisin penyebarannya tidak hanya terbatas di rumah sakit. Sehingga pada penelitian ini deteksi gen resistensi vankomisin dilakukan pada sampel feses yang didapat dari masyarakat Pacet dan Kenjeran yang sehat. Pada penelitian ini dilakukan deteksi gen resisten vankomisin sampel bakteri yang diisolasi dari tinja individu yang sehat menggunakan metode PCR multipleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan prevalensi gen-gen resisten vankomisin yang terdapat pada isolat bakteri yang resisten terhadap antibiotik vankomisin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gen vanA hanya ditemukan pada populasi Kenjeran. Sedangkan gen vanB, vanC, vanD, vanE dan vanG dapat ditemukan pada populasi Pacet dan Kenjeran. Prevalensi gen pada populasi Pacet dan Kenjeran secara berurutan yaitu vanA (0% dan 9,1%); vanB (27,3% dan 9,1%), vanC (27,3% dan 9,1%); vanD (18,2% dan 18,2%); vanE (9,1% dan 18,2%; dan vanG (36,4% dan 18,2%).
=================================================================================================================================
The uncontrolled use of antibiotics has led to an increase in resistance to antibiotics. Resistance has caused vancomycin as one of the antibiotics of last resort to treat Gram-positive pathogenic bacterial infections to become ineffective and a particular challenge in clinical management. Research on molecular detection of vancomycin resistance genes using Polymerase Chain Reaction (PCR) techniques has been widely carried out on bacterial clinical isolates of Enterococcus and Staphylococcus aureus, but in Indonesia there have not been much research on the detection of vancomycin resistance genes from the general population, while the spread of vancomycin resistance genes is not only limited to hospitals. So, in this study, the detection of vancomycin resistance genes was carried out on stool samples obtained from the Pacet and Kenjeran community populations. In this study, the detection of vancomycin-resistant genes in bacterial samples isolated from the stool of healthy individuals was carried out using the multiplex PCR method. The purpose of this study was to determine the type and prevalence of vancomycin-resistant genes contained in bacterial isolates that are resistant to vancomycin antibiotics. The results showed that the vanA gene was only found in the Kenjeran population. While vanB, vanC, vanD, vanE and vanG genes can be found in Pacet and Kenjeran populations. The prevalence of genes in Pacet and Kenjeran population respectively vanA (0% and 9.1%); vanB (27.3% and 9.1%), vanC (27.3% and 9.1%); vanD (18.2% and 18.2%); vanE (9.1% and 18.2%; and vanG (36.4% and 18.2%).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Horizontal Gene Transfer, PCR, Resistance, van Genes, Vancomycin, Gen van, PCR, Resistensi, Transfer Gen Horizontal, Vankomisin
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR74.8 Bacteria
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Biology > 46201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Siti Nur Amala
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:24
Last Modified: 04 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101347

Actions (login required)

View Item View Item