Pemodelan Virtual Reality Kamar Mesin Untuk Skenario Sinkronisasi Generator Sebagai Sarana Edukuasi, Studi Kasus: KL. BUNGTOMO 03

Narendra, Anak Agung Ngurah Bagus Krishna (2023) Pemodelan Virtual Reality Kamar Mesin Untuk Skenario Sinkronisasi Generator Sebagai Sarana Edukuasi, Studi Kasus: KL. BUNGTOMO 03. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000080-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000080-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan teknologi realitas virtual (VR) dalam industri kemaritiman, dengan fokus khusus pada skenario pembelajaran sinkronisasi generator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan manfaat VR, seperti peningkatan pemasaran, pengenalan desain manufaktur, pelatihan, dan bantuan pemeliharaan untuk survei kelautan. Dengan menciptakan platform pendidikan yang immersif yang melebihi format 2D atau 3D tradisional, pengguna dapat berinteraksi dalam lingkungan maya simulasi yang mendekati kondisi dunia nyata. Metodologi penelitian melibatkan merumuskan pernyataan masalah, melakukan tinjauan literatur, dan mengumpulkan data dari kapal KL BUNG TOMO 03 dan skenario pembelajaran yang digunakan di Politeknik Pelayaran Surabaya. Menggunakan perangkat lunak Blender, model 3D dibuat, kemudian pengembangan aplikasi dilakukan dengan Unity 3D. Pengujian dilakukan menggunakan skala Likert dan metode Black Box untuk mengevaluasi fungsionalitas dan pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi VR Engine Room secara efektif meningkatkan pengalaman pembelajaran. Evaluasi skala Likert menunjukkan kinerja yang sangat baik, dengan skor total 1667. Namun, pada Black Box didapatkan hasil 88% sukses dan 12% gagal akibat bug dan error saat pengujian. Selain itu Motion Sickness Test masih belum memuaskan dengan adanya pengguna yang masih merasakan dampak buruk dari virtual reality yaitu 28% mengalami pusing dan 22% mengalami penglihatan yang kabur. Hal ini menjadi pertimbangan untuk pengembangan aplikasi di masa mendatang agar dapat menciptakan dunia virtual yang lebih aman dan nyaman
===================================================================================================================================
This research explores the application of virtual reality (VR) technology in the maritime industry, with a specific focus on the synchronous generator learning scenario. The aim of this study is to uncover the benefits of VR, such as improved marketing, manufacturing design visualization, training, and maintenance assistance for marine surveys. By creating an immersive educational platform that surpasses traditional 2D or 3D formats, users can interact in a virtual simulation environment that closely resembles real-world conditions. The research methodology involves formulating problem statements, conducting a literature review, and gathering data from the KL BUNG TOMO 03 ship and the learning scenarios used at the Surabaya Maritime Polytechnic. Using Blender software, 3D models are created, and application development is carried out using Unity 3D. Testing is conducted using Likert scale and Black Box methods to evaluate functionality and user experience. The research findings indicate that the VR Engine Room application effectively enhances the learning experience. Likert scale evaluation demonstrates excellent performance, with a total score of 1667. However, the Black Box results show an 88% success rate and a 12% failure rate due to bugs and errors during testing. Additionally, the Motion Sickness Test is still unsatisfactory, with users experiencing negative effects of virtual reality, such as 28% reporting dizziness and 22% experiencing blurred vision. This serves as a consideration for future application development to create a safer and more comfortable virtual world

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: 3D, Pembelajaran, Realita, Skenario, Virtual; 3D, Education, Reality, Scenario, Virtual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education (e-learning). Virtual reality in education.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anak Agung Ngurah Bagus Krishna Narendra
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:48
Last Modified: 29 Aug 2023 03:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101922

Actions (login required)

View Item View Item