Analisis Peningkatan Produktivitas Bongkar Akibat Kendala Fisik Dermaga: Studi Kasus TUKS batubara

Saputra, Gusti Agung Adi (2023) Analisis Peningkatan Produktivitas Bongkar Akibat Kendala Fisik Dermaga: Studi Kasus TUKS batubara. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411840000031-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411840000031-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat banyak kendala yang berpengaruh terhadap kecepatan bongkar berkaitan tentang fasilitas ataupun fisik dermaga penunjang bongkar ada pada Terminal Batubara, hal ini dapat menjadi penyebab rendahnya produktivitas bongkar. Oleh karena itu, perlu pengembangan atau penambahan fasilitas fisik di dermaga guna meningkatkan kemampuan bongkar dalam pelaksanaan di lapangan. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah Untuk menganalisis kondisi dan tingkat produktivitas bongkar pada terminal Batubara yang ada saat ini dengan mengidentifikasi dampak yang disebabkan oleh fisik dermaga di terminal terhadap produktivitas bongkar, serta merencanakan solusi untuk mengatasi kendala produktivitas bongkar dan cara untuk meningkatkan produktivitas tersebut. Metode yang digunakan adalah perbandingan tiap skenario menggunakan analisis BOR (Berth Occupancy Ratio) dan BCR (Benefit Cost Ratio). Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah kondisi eksisting produktivitas bongkar kapal sebesar 596 ton/jam dengan menggunakan ship crane yang terganggu gerakannya oleh wharf crane, sedangkan barge sebesar 607 ton/jam menggunakan wharf crane. Kedua produktivitas tidak mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan ketercapaian permintaan batubara sebanyak 10 juta per tahun dan produktivitas bongkar sebesar 700 ton/jam dengan kunjungan kapal sebesar 46 kali dan barge sebesar 724 kali. Perbandingan skenario yang paling efektif dan efisien diambil dari hasil analisis kelayakan BCR dan BOR yang memenuhi. Skenario yang paling menguntungkan adalah Skenario 3 yaitu pemasangan rel crane pada dermaga sebelah barat dengan BCR 1,18 > 1 bahwa keuntungannya melebihi dari biaya yang dikeluarkan dan BOR untuk memenuhi permintaan tercukupi sebesar 17% dari syarat 2 tambatan.
===================================================================================================================================
There are many obstacles that affect the unloading speed related to facilities and the physical structure of the supporting dock at the Coal Terminal. This can be the cause of low unloading productivity. Therefore, it is necessary to develop or add physical facilities at the dock to improve unloading capabilities in the field. The purpose of this Final Project is to analyze the condition and level of unloading productivity at the current Coal Terminal by identifying the impact caused by the physical structure of the dock on unloading productivity, as well as planning solutions to overcome unloading productivity obstacles and ways to improve productivity. The method used is to compare each scenario using BOR (Berth Occupancy Ratio) and BCR (Benefit Cost Ratio) analyses. The conclusion of this final project is that the existing ship unloading productivity is 596 tons/hour using a ship crane that is hindered by the wharf crane's movement, while the barge unloading productivity is 607 tons/hour using the wharf crane. Both productivities do not achieve the targets set by the company, which are achieving a coal demand of 10 million tons per year and an unloading productivity of 700 tons/hour with 46 ship visits and 724 barge visits. The most effective and efficient scenario is chosen based on the feasibility analysis of BCR and BOR. Scenario 3, which is the installation of a crane rail on the west side of the dock, is the most advantageous with BCR of 1.18 > 1, indicating that the benefits exceed the costs incurred, and BOR to fulfill the demand is 17% of the requirement for 2 berths.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Batubara, Bongkar, Kendala, Produktivitas, Benefit Cost Ratio ============================================================ Coal, Unloading, Obstacles, Productivity, Benefit Cost Rasio
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gusti Agung Adi Saputra
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:45
Last Modified: 07 Aug 2023 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102710

Actions (login required)

View Item View Item