Perancangan Sistem Transmisi Gearbox Dual Speed Pada Mobil Urban Ethanol Nogogeni VI ITS Tim

Anam, Yusron Mustafidlol (2023) Perancangan Sistem Transmisi Gearbox Dual Speed Pada Mobil Urban Ethanol Nogogeni VI ITS Tim. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211910000003-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211910000003-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari pemasalahan sistem transmisi pada mobil urban ethanol milik tim Nogogeni ITS. Pada sistem transmisi sebelumnya hanya menggunakan satu tingkat rasio dengan berat 9,5 kg dan dimensi 220x200x240 mm. Kebutuhan akselerasi yang cepat dengan waktu yang singkat dalam kondisi mobil diam dengan menggunakan rasio gear besar (1:12) membutuhkan waktu yang lama ± 10 detik untuk mencapai kecepatan mobil pada target yang diinginkan. Untuk mendapatkan efisiensi maksimal dari mobil urban ethanol dalam kebutuhan perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), maka dilakukan perancangan ulang sistem transimisi untuk memperoleh nilai efisiensi yang baik dari segi dimensi dan berat transmisi. Pada penelitian ini dipilih sistem transmisi gearbox dengan dual speed yang memiliki losses daya yang paling rendah dibandingkan dengan sistem chain and sprocket ataupun Continuos Variable Transmission (CVT). Speed 1 digunakan mempercepat waktu akselerasi mobil dari keadaan diam, sedangkan speed 2 digunakan untuk mencapai kecepatan target yang diinginkan yaitu 42 km/jam. Untuk kekuatan crankcase gearbox dilakukan perbandingan analisa perhitungan secara teoritis dan simulasi melalui software Computer Aided Engineering . Hasil rancangan gearbox dengan 2 rasio yang berbeda memiliki rasio reduksi total pada gigi 1 adalah 1:3,6 dan gigi 2 adalah 1:3,4 hanya membutuhkan waktu 7 detik untuk mencapai target kecepatan. Hasil rancangan desain menunjukkan nilai efisensi dari segi berat sebesar 6,7 kg dan dimensi 192x142x171 mm. Hasil perhitungan teoritis kekuatan crankcase gearbox menunjukkan nilai tegangan maksimum von mises 1,504 MPa, sedangkan hasil simulasi menunjukkan nilai tegangan maksimum von mises 1,766 MPa dengan nilai deformasi 1,18 mm. kedua hasil perhitungan menunjukkan nilai tegangan maksimum von mises dibawah nilai tegangan ijin material 530 MPa, dengan perbandingan hasil perhitungan teoritis dan simulasi sebesar 17,42%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Urban ethanol, Gearbox dual speed, Transmisi, Rasio gear.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL262 Automobiles--Transmission devices--Design and construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Yusron Mustafidlol Anam
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:58
Last Modified: 18 Jan 2024 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102785

Actions (login required)

View Item View Item