Nusantara, Shakty Galang (2023) Analisa Pengaruh Penggunanan Campuran Biodiesel B50 (Palm Oil – Waste Cooking Oil) Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Mesin Diesel. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04211940000013-Undergraduate_Thesis .pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 September 2025. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Bahan bakar biodiesel merupakan salah satu energi alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar solar namun memiliki kandungan NOx yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa performa dan emisi NOx dari tiga jenis bahan bakar, yaitu B50 PO (biodiesel kelapa sawit), B50 PO-WCO (campuran biodiesel kelapa sawit dan biodiesel jelantah), dan B50 WCO (biodiesel jelantah). Penelitian dilakukan dengan menguji sifat-sifat, performa, dan emisi NOx pada mesin diesel pada putaran 2200 RPM. Hasil pengujian properti menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada densitas dan viskositas di antara ketiga bahan bakar tersebut. Namun, terdapat perbedaan yang mencolok pada titik nyala, dimana B50 WCO memiliki titik nyala yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Dalam hal performa, B50 PO menunjukkan hasil terbaik dengan nilai Konsumsi Bahan Bakar Minyak Spesifik (SFOC) terendah serta torsi dan daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Hal ini dapat dikaitkan dengan Lower Heating Value (LHV) yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Namun, dalam hal emisi NOx, penambahan biodiesel minyak goreng bekas mengakibatkan peningkatan emisi NOx. B50 WCO menunjukkan emisi NOx tertinggi, diikuti oleh B50 PO-WCO, sedangkan B50 PO memiliki emisi NOx terendah. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa B50 PO menunjukkan kinerja yang lebih unggul dengan SFOC yang lebih rendah serta torsi dan daya yang lebih tinggi. Namun, penambahan biodiesel minyak goreng bekas dalam campuran menyebabkan peningkatan emisi NOx. Oleh karena itu, ketika menggunakan bahan bakar biodiesel, penting untuk mempertimbangkan kinerja dan emisi NOx untuk mencapai keseimbangan yang optimal.
=====================================================================================================================================
Biodiesel fuel is an alternative energy that can be used as a substitute for diesel fuel but has a high NOx content. This study aims to analyze the performance and NOx emissions of three types of fuels, namely B50 PO (palm oil biodiesel), B50 PO-WCO (blend of palm oil biodiesel and waste cooking oil biodiesel), and B50 WCO (waste cooking oil biodiesel). The research was conducted by testing the properties, performance, and NOx emissions on a diesel engine at 2200 RPM. The results of the properties testing showed no significant differences in density and viscosity among the three fuels. However, there was a notable difference in flash point, where B50 WCO had a higher flash point compared to the other fuels. In terms of performance, B50 PO exhibited the best results with the lowest Specific Fuel Oil Consumption (SFOC) value and higher torque and power compared to the other fuels. This can be attributed to its higher Lower Heating Value (LHV) compared to the other fuels. However, regarding Nox emissions, the addition of waste cooking oil biodiesel resulted in increased NOx emissions. B50 WCO showed the highest NOx emissions, followed by B50 PO-WCO, while B50 PO had the lowest NOx emissions. Based on the findings, it can be concluded that B50 PO demonstrates superior performance with lower SFOC and higher torque and power. However, the addition of waste cooking oil biodiesel in the blend leads to increased NOx emissions. Therefore, when using biodiesel fuels, it is important to consider both performance and NOx emissions to achieve an optimal balance.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biodiesel, Palm oil, Waste Cooking Oil, Emisi, NOx, Performa; Biodiesel, Palm oil, Waste Cooking Oil, Emission, NOx, Performance |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology > TP359.B46 Biodiesel fuels. |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Shakty Galang Nusantara |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 04:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 04:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/103132 |
Actions (login required)
View Item |