Perancangan Pembangkit Listrik Hybrid (PV,Wind Turbine, & Generator) Pada Kapal Patroli 60 Meter

Ramadhan, Arya Dimas (2023) Perancangan Pembangkit Listrik Hybrid (PV,Wind Turbine, & Generator) Pada Kapal Patroli 60 Meter. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000073-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000073-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya, turbin angin dan diesel generator) merupakan salah satu alternatif dari sistem pembangkit listrik konvensional yang
saat ini masih diterapkan pada kapal – kapal di Indonesia. Penerapan sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya, turbin angin dan diesel generator) ini guna mengurangi konsumsi bahan bakar minyak dimana cadangan minyak bumi dunia semakin menipis. Hal ini juga didukung dengan
melimpahnya energi terbarukan seperti potensi sinar matahari dan kecepatan angin. Perancangan ini juga bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang dari kapal yang beroperasi
menggunakan pembangkit listrik seacara konvesional.
Pada penulisan penelitian ini dilakukan Analisa teknis dan Analisa ekonomis pada
perancangan sistem pembangkit listrik hybrid (panel surya, trubin angin, dan diesel generator) dengan cara membandingkan sistem pembangkit konvesional dengan sistem pembakit hybrid. Analisa teknis dan ekonomis dilakukan untuk mengoptimalisasi agar energi terbarukan dapat terpasang pada kapal. Perencanaan ini dilakukan optimalisasi area untuk penempatan panel surya dan turbin angin, hal ini karena ketersediaan tempat dikapal sangat terbatas. Dari hasil
optimalisasi area didapatkan 3 skenario yang dapat direncankan pada kapal yaitu 1. Perancangan sistem pembangkit generator dan panel, 2. Perancangan sistem pembangkit generator dan turbin angin, dan 3. Perancangan sistem pembangkit generator ,panel surya, dan turbin angin untuk kemudian dilakukan simulasi dengan menggunkan HOMER. Setelah dilakukan optimalisasi berdasarkan simulasi didapatkan sistem yang optimal yaitu, skenario 1 menhasilkan energi listrik dari penambahan energi terbarukan sebesar 30492 kwh/tahun (panel surya 40 unit,turbin angin 0 unit) dengan penghematan bahan bakar sebesar 7 % pertahun dan keuntungan selama 25 tahun sebesar Rp92.122.919.041, skenario 2 menhasilkan energi terbarukan sebesar 31885 kwh/tahun (panel surya 0 unit, turbin angin 1 unit) dengan
penghematan bahan bakar sebesar 7 % pertahun dan keuntungan selama 25 tahun sebesar Rp86.261.421.996, dan skenario 3 menhasilkan energi terbarukan sebesar 59328 kwh/tahun
(panel surya 36 unit, turbin angin 1 unit) dengan penghematan bahan bakar sebesar 12 % pertahun dan keuntungan selama 25 tahun sebesar Rp139.402.926.562. berdasarkan hasil yang telah didapatkan dipilih skenario ketiga sebagai perancangan yang paling optimal dikarenakan memiliki total penghemtan pertahun yang terbesar yaitu sebesar 12% dari konsumsi bahan bakar secara konvesional dibanding dengan skenario 1 dan skenario 2.
================================================================================================================================
The design of a hybrid power generation system (solar panels, wind turbines and diesel generators) is an alternative to the conventional power generation system currently used on ships in Indonesia. The application of this hybrid power generation system (solar panels, wind
turbines and diesel generators) is to reduce fuel oil consumption as the world's oil reserves are running low. This is also supported by the abundance of renewable energy, such as the potential of sunlight and wind speed. This design also aims to reduce exhaust emissions from ships using conventional power plants. In this research paper, technical and economic analysis is carried out on the design of hybrid power generation systems (solar panels, wind turbines and diesel generators) by comparing conventional power generation systems with hybrid power generation systems. The technical and economic analysis is carried out to optimise the installation of renewable energy on ships.
This planning is carried out to optimise the area for placing solar panels and wind turbines, as the space available on the ship is very limited. From the results of the area optimisation, 3 scenarios were obtained that can be planned on the ship, namely 1. Design of generator and panel systems, 2. Design of generator and wind turbine systems, and 3. Design of generator systems, solar panels and wind turbines for later simulation using HOMER. . After optimisation based on simulation, the optimal system is obtained, namely, Scenario 1 produces electric energy by adding renewable energy of 30492 kwh / year (40 units of solar panel, 0 units of wind turbine) with fuel saving of 7% per year and profit for 25 years of Rp92,122,919,041, Scenario 2 produces renewable energy of 31885 kwh / year (0 units of solar panel, 1 unit of wind turbine) with fuel saving of 7% per year and profit for 25 years of Rp86,421,996. 261,421,996, and Scenario 3 produces renewable energy of 59328 kwh / year (36 units of solar panel, 1 unit of wind turbine) with fuel saving of 7% per year and profit for 25 years of Rp86,421,996.261,421,996. based on the results that have been obtained, the third scenario is chosen as the most optimal design because it has the largest total annual savings of 11% of conventional fuel
consumption compared to scenario 1 and scenario 2

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Energi Terbarukan, Turbin Angin, Panel Surya ======================================================================================================================== Renewable Energy, Wind Turbine, Solar Panel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ808 Renewable energy sources. Energy harvesting.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arya Dimas Ramadhan
Date Deposited: 05 Aug 2023 02:21
Last Modified: 05 Aug 2023 02:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103406

Actions (login required)

View Item View Item