Customer Relationship Management Untuk Pengelolaan Donor Darah

Saputra, Matin Aziz (2014) Customer Relationship Management Untuk Pengelolaan Donor Darah. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5209100009_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5209100009_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat kepuasan pelanggan merupakan alat ukur yang harus dievaluasi secara periodik dan berkesinambungan. Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi yang bergerak dibidang jasa pelayanan transfusi darah, berkaitan erat dengan pelayanan kepada pendonor. PMI saat ini masih menggunakan cara manual untuk pengelolaan darah sehingga banyak kesalahan dan keterlambatan untuk mengolah data, PMI juga kurang memperhatikan pelayanan pendonor, hubungan pendonor dengan PMI terputus ketika pendonor selesai mendonorkan darahnya sehingga persediaan donor darah tidak selalu tersedia dari yang dibutuhkan. Berdasarkan keadaan yang telah ada, penulis kemudian akan mengembangkan sistem PMI untuk meningkatkan pelayanan dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM). PMI Berfokus pada 3 kategori pelanggan, yaitu lingkungan sekolah, lingkungan perusahaan dan lingkungan masyrakat. Ruang lingkup CRM yang diterapkan ada 3 siklus yaitu Acquitition, Enhancement dan Retain. Sistem CRM ini akan dibantu dengan SMS gateway yang memudahkan PMI untuk menyebarkan informasi kepada pendonor. Dengan penerapan CRM, diharapkan PMI berhasil meningkatkan pelayanan kepada pendonor, dan menarik minat pendonor baru. Pendonor tidak saja merasa dilayani namun juga diperhatikan dengan adanya Sistem Customer Relationship Management ini.
==============================================================================================================================
Level of customer satisfaction is a measure that should be evaluated periodically and continuosly. Indonesian Red Cross (PMI) as an organization for blood transfusion service, it has a relationship service to customer. Based on the condition described before, the writer decided to develop a system to improve service by implementing Customer Relationship Management (CRM). PMI focusing on three categories of customers. For scholl environment, the company environment and the community environment. The scope of the CRM is implemented 3 cycles Acquitition, Enchancement and Retain. The CRM will be added with SMS gateway and is expected to facilitate PMI to sending information. With the adoption of CRM, it is expected PMI successfully to improve service to customer, and attracting new customer. Customer not only feel entertained but also observed with the Customer Relationship Management System’s.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 658.812 Sap c
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, PMI, SMS, Gateway,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 08 Nov 2023 08:21
Last Modified: 08 Nov 2023 08:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105082

Actions (login required)

View Item View Item