Evaluasi Kinerja Sistem Operasional Lyn WB Jurusan Wonosari Mulyo - Terminal Bratang Surabaya

Astuti, Lidian Dewi (2009) Evaluasi Kinerja Sistem Operasional Lyn WB Jurusan Wonosari Mulyo - Terminal Bratang Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3108040005-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3108040005-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (26MB)

Abstract

Banyaknya pergerakan penduduk dari daerah pemukiman ke pusat-pusat aktifitas kota yang ada di wilayah Kecamatan Semampir, Kecamatan Simokerto, Kecamatan Genteng, Kecamatan Tambaksari, Kecamatan Gubeng dan Kecamatan Sukolilo harus ditunjang oleh sarana dan prasarana transportasi yang memadai. Mobilitas tersebut dapat mempengaruhi sektor pendidikan, perdagangan, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Penyediaan angkutan kota tersebut berkaitan dengan lokasi tujuan pergerakan sedangkan jumlahnya tergantung pada perkembangan penduduk yang bergerak Permasalahan tersebut mendasari tugas akhir ini yang bertujuan menganalisa pergerakan penumpang pada saat sekarang tahun 2009 khususnya penumpang yang menggunakan lyn WB dalam bentuk Matriks Asal Tujuan (M.A.T). Sebagai dasar prediksi M.A.T tahun 2014 dengan menggunakan Metode Furness. Untuk itu perlu dilakukan survey baik survey naik turun penumpang yang dilakukan dengan mencatat naik turun penumpang angkutan kota, maupun survey ocupancy yang dilaksanakan pada lokasi tertentu dengan mencatat jumlah kendaraan angkutan kota dan jumlah penumpang yang lewat perjam. Survey occupancy ini dilakukan mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00. Hasil yang diperoleh dari M.A.T tahun 2009 kemudian digunakan untuk analisa pembebanan tiap ruas sebagai dasar perhitungan kebutuhan armada angkutan kota pada tahun 2014 dan menganalisa kinerja armada angkutan kota tersebut. Analisa perhitungan Lyn WB jurusan Wonosari Mulyo - Terminal Bratang yang dilaksanakan untuk mendapatkan hasil bahwa kebutuhan angkutan kota pada tahun 2014 untuk Rabu pagi berangkat dengan load faktor 0,90, headway 6 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 20 kend, Rabu pagi kembali dengan load faktor 0,93, headway 5 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 22 kend, Rabu sore berangkat dengan load faktor 0,87, headway 7 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 18 kend, Rabu sore kembali dengan load faktor 0,87 menit, headway 10 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 12 kend, Sabtu pagi berangkat dengan load faktor 0,91, headway 5 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 26 kend, Sabtu pagi kembali dengan load faktor 0,94, headway 9 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 14 kend , Sabtu sore berangkat dengan load faktor 0,87, headway 7 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 24 kend, Sabtu sore kembali dengan load faktor 0,89 headway 7 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 18 kend. Kinerja angkutan kota ini berdasarkan keadaan eksisting yang diproyeksikan untuk tahun 2014
===================================================================================================================================
The large number of population movements from residential areas to urban activity centers in the Semampir District, Simokerto District, Genteng District, Tambaksari District, Gubeng District and Sukolilo District must be supported by adequate transportation facilities and infrastructure. This mobility can affect the education sector, trade and other activities. The provision of city transportation is related to the location of the movement's destination while the amount depends on the development of the moving population. This problem underlies this final assignment which aims to analyze passenger movements currently in 2009, especially passengers using lyn WB in the form of an Origin Destination Matrix (M.A.T). As a basis for M.A.T predictions in 2014 using the Furness Method. For this reason, it is necessary to carry out surveys, both passenger boarding and descending surveys which are carried out by recording the boarding and descending of city transport passengers, as well as occupancy surveys which are carried out at certain locations by recording the number of city transport vehicles and the number of passengers passing by per hour. This occupancy survey was carried out from 06.00 to 18.00. The results obtained from M.A.T in 2009 were then used to analyze the loading of each section as a basis for calculating the needs of the city transport fleet in 2014 and analyzing the performance of the city transport fleet. Analysis of Lyn WB calculations majoring in Wonosari Mulyo - Bratang Terminal which was implemented to get the results that the city's transportation needs in 2014 for Wednesday morning departed with a load factor of 0.90, a headway of 6 minutes and a fleet requirement of 20 vehicles, Wednesday morning returned with a load factor of 0.93, a headway of 5 minutes and the fleet requirement is 22 kends, Wednesday afternoon departs with a load factor of 0.87, headway 7 minutes and the fleet requirement is 18 kends, Wednesday afternoon returns with a load factor of 0.87 minutes, headway 10 minutes and the fleet requirement is 12 kends , Saturday morning departed with a load factor of 0.91, headway of 5 minutes and a fleet requirement of 26 vehicles, Saturday morning returned with a load factor of 0.94, headway of 9 minutes and a fleet requirement of 14 vehicles, Saturday afternoon departed with a load factor of 0 .87, headway 7 minutes and a fleet requirement of 24 vehicles, Saturday afternoon returned with a load factor of 0.89, headway 7 minutes and a fleet requirement of 18 vehicles. This city transportation performance is based on existing conditions projected for 2014

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 388.413 12 Ast e-1 2009
Uncontrolled Keywords: Matriks Asal-Tujuan, Jumlah Armada, Kinerja Angkutan Kota; Origin Destination Matrix, amount of armada, performance of city transport
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:04
Last Modified: 22 Nov 2023 09:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105195

Actions (login required)

View Item View Item