Evaluasi Organisasi dengan Menggunakan Organizational Health Index (OHI) Studi Kasus Di Rumah Makan Codian

Charity, Claudia (2023) Evaluasi Organisasi dengan Menggunakan Organizational Health Index (OHI) Studi Kasus Di Rumah Makan Codian. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411942000018-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411942000018-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Badan Pusat Statistik untuk kuartal pertama tahun 2023, industri makanan dan minuman menyumbang hampir 39% dari produk domestik bruto (PDB), yang berarti bahwa industri ini memainkan peran penting dalam PDB Indonesia. Restoran Codian sudah terkenal di kalangan masyarakat dan bahkan dianggap sebagai pilihan utama. Menurut pengelola restoran Codian, reputasi restoran saat ini dalam kondisi buruk karena manajemen yang buruk atau perlakuan buruk dari karyawan tingkat bawah. Meskipun restoran Codian telah berusaha mempertahankan reputasinya, namun masih terdapat feedback negatif dari pengunjung yang didapat dari review google maps, dan manajemen harus dapat menjaga reputasi baik restoran Codian dengan cara menerapkan praktik manajemen yang efektif. Manajemen sumber daya manusia memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis, dan juga untuk menangani kondisi yang dihadapi restoran Codian saat ini, diperlukan manajemen sumber daya manusia yang efektif. Langkah pertama dalam menerapkan manajemen SDM yang baik adalah menilai kondisi eksisting manajemen SDM di restoran Codian, dan salah satu metode atau pendekatan yang paling efektif untuk diterapkan adalah dengan mengukur kesehatan organisasi menggunakan Organizational Health Index atau OHI yang dikembangkan oleh McKinsey & Company, yaitu sebuah perusahaan konsultasi manajemen global. OHI didasarkan pada penelitian ekstensif tentang faktor-faktor yang berkontribusi pada kinerja organisasi dan dirancang untuk membantu para pemimpin mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki dan mengutamakan intervensi untuk meningkatkan kesehatan organisasi. Setelah menilai metode OHI, ditemukan bahwa nilai OHI restoran Codian mencapai 3.92 dari 5.00 yang berarti restoran Codian cukup sehat untuk menjalankan bisnisnya. Kemudian, juga diketahui bahwa archetype terbaik yang cocok untuk restoran Codian adalah yang Leadership Driven, dan dari praktik-praktik arketipe terbaik OHI, ditemukan ada lima praktik yang sudah memiliki skor OHI saat ini lebih tinggi dari skor status elit, dan lima praktik yang sudah memiliki skor OHI saat ini lebih rendah dari skor status elit, yaitu Inspirational Leaders, Career Opportunities, Operational Management, Performance Contract, dan Consequence Management, dan hal ini menunjukkan bahwa praktik-praktik ini memerlukan perhatian, fokus, dan perbaikan yang lebih besar.
=================================================================================================================================
According to Badan Pusat Statistik for the first quarter of 2023, the food and beverage industry contributed almost 39% of the gross domestic product (GDP) which means that this industry plays a significant role in Indonesia's gross domestic product (GDP). Codian restaurant is already well-known among the public and even positioned as a top-of-mind choice. According to restaurant manager Codian, the restaurant's reputation is currently in a bad state due to poor management or poor treatment from lower-level employees. Even though the Codian restaurant has tried to maintain its reputation, there is still negative feedback from visitors obtained from Google maps reviews, and management must be able to maintain the good reputation of the Codian restaurant by implementing effective management practices. Human resource management plays an important role in business success, and also to deal with the current conditions faced by Codian restaurants, effective human resource management is needed. The first step in implementing good HR management is to assess the existing conditions of human resources management at Codian Restaurant, and one of the most effective methods or approaches to be implemented is by measuring the organization's health using Organizational Health Index or OHI which was developed by McKinsey & Company which is a global management consulting firm. OHI is based on extensive research into the factors that contribute to organizational performance and is designed to help leaders identify areas for improvement and prioritize interventions to enhance organizational health. After assessing the OHI method, it is found that Codian restaurant reached OHI value of 3.92 out of 5.00 which means that Codian restaurant is healthy enough to sustain its business. Then, also known that the best-fit archetype for Codian restaurant is leadership driven, and from the best-fit archetype practices of OHI, it is found that there are five practices that’s already have a current OHI score greater than the elite status score, and five practices that’s already have a current OHI score lower than the elite status score, which are inspirational leaders, career opportunities, operational management, performance contract, and consequence management, and this suggests that these practices need greater attention, focus, and improvement.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Food and Beverage Industry, Organizational Health, Organizational Health Index (OHI), Industri Food and Beverage, Kesehatan Organisasi, Index Kesehatan Organisasi (OHI)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Claudia Charity
Date Deposited: 15 Dec 2023 05:18
Last Modified: 15 Dec 2023 05:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105285

Actions (login required)

View Item View Item