Peramalan Jumlah Pengunjung Domestik Dan Mancanegara Di Maharani Zoo Dan Goa Dengan Menggunakan Arima Box-Jenkins

Sulistyawati, Vivi Kusuma (2014) Peramalan Jumlah Pengunjung Domestik Dan Mancanegara Di Maharani Zoo Dan Goa Dengan Menggunakan Arima Box-Jenkins. Diploma thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1311030085_Non_Degree.pdf] Text
1311030085_Non_Degree.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Jawa Timur terdapat beberapa kebun binatang, salah satunya adalah Maharani Zoo & Goa yang terletak di Kabupaten Lamongan. Kebun binatang merupakan tempat yang efektif dan efisien untuk mengembangbiakkan binatang dan tempat konservasi hewan yang terancam punah. Di Kabupaten Lamongan penyumbang PAD terbesar adalah dari wisata bahari lamongan (WBL) dan Maharani Zoo & Goa. Namun pada selang waktu 2009 sampai 2013 jumlah pengunjung domestik selalu mengalami penurunan, sedangkan untuk jumlah pengunjung mancanegara selalu mangalami kenaikan namun pada tahun 2013 mengalami penurunan. Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode ARIMA. Model terbaik untuk pengunjung domestik adalah peramalan jumlah pengunjung domestik dipengaruhi oleh peramalan pada 1, 12, dan 13 bulan lalu dan dipengaruhi kesalahan peramalan pada 1 bulan lalu dan dipengaruhi outlier additive pada pengamatan ke 32. Sedangkan model terbaik untuk pengunjung mancanegara adalah peramalan jumlah pengunjung mancanegara dipengaruhi oleh kesalahan peramalan pada 1 bulan lalu. Hasil peramalan tahun 2014 pada jumlah pengunjung domestik paling tinggi pada bulan Mei, dan peramalan jumlah pengunjung mancanegara paling tinggi pada bulan Januari.
==============================================================================================================================
In East Java there are several zoos , one of it is the Maharani Zoo & Goa that located in Lamongan . The zoo is an effective and efficient place to breed animals and the conservation of endangered animals . The largest income in Lamongan from WBL and Maharani Zoo &Goa. However, from 2009 to 2013 the number of domestic visitors is always decreased , while the number of foreign visitors is always increased but decreased in 2013. In this research using ARIMA method, the best model for domestic visitors show that the number of domestic visitors is influenced by 1, 12 and 13 months ago and influenced by forecasting errors in 1 month ago and additive outlier affected the observations to 32. While the best model for foreign visitors indicate that the number of foreign visitors influenced by forecasting errors at 1 month ago. The results in 2014 forecasting the highest number of domestic visitors in May, and forecasting the highest number of foreign visitors in January.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.535 Sul p-1, 2014
Uncontrolled Keywords: Pengunjung Domestik, Pengujung Mancanegara, Deteksi Outlier, ARIMA Box-Jenkins, Domestic Visitors, Foreign Visitors, Outlier Detection
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA280 Box-Jenkins forecasting
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:13
Last Modified: 05 Jan 2024 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105372

Actions (login required)

View Item View Item