Habibah, Jihaan Harvi (2024) Perancangan Desain Pengalaman Pengguna untuk Memudahkan Penggunaan Layanan Transportasi Bus Antarkota dengan Menerapkan Metode Design Thinking. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5026201104-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2026. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi bus merupakan transportasi darat umum yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk perjalanan antarkota maupun antarprovinsi. Hal ini dikarenakan harga tiketnya yang lebih terjangkau dan tersedia dalam waktu yang lebih banyak. Akan tetapi, kualitas layanan yang kurang memadai dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan jumlah penumpang bus antarkota. Hal ini mengakibatkan beberapa perusahaan otobus sulit menjalankan operasionalnya dengan lancar hingga mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, diharapkan adanya media yang dapat mempermudah penggunaan layanan bus antarkota guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan menarik minat masyarakat dalam menggunakan transportasi tersebut. Pada penelitian ini, digunakan metode design thinking untuk membuat rancangan aplikasi yang dekat dengan kebutuhan pengguna. Metode ini dimulai dengan melakukan wawancara kepada para calon pengguna aplikasi untuk menggali informasi dan kebutuhan pengguna. Selanjutnya, kebutuhan tersebut diolah dalam empathy map, user persona, user journey map, dan point of view. Kemudian, berbagai ide dikembangkan menjadi bentuk ide solusi melalui pertanyaan how might we dan diubah ke dalam bentuk prototipe pengalaman untuk divalidasi. Tahap selanjutnya adalah pembuatan alur pengguna serta prototipe yang dikembangkan mulai dari tingkatan low-fidelity hingga high-fidelity. Pada tahap terakhir, dilakukan pengujian untuk mendapatkan umpan balik dan evaluasi pada antarmuka yang telah dirancang menggunakan metode usability testing. Hasil penelitian ini berupa prototipe high-fidelity yang terdiri dari tiga fitur utama, yakni pemesanan tiket secara digital, pengingat perjalanan, dan media rating. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan kemudahan bagi pengguna bus antarkota untuk mendapatkan layanan terbaik dan juga berkontribusi pada penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan metode design thinking dalam konteks mendigitalisasi pelayanan transportasi bus antarkota.
==================================================================================================================================
Bus transportation is a common land transportation widely chosen by the Indonesian community for both intra-provincial and interprovincial travel. This is due to its more affordable ticket prices and greater availability. However, the inadequate quality of service and the implementation of large-scale social restrictions (PSBB) during the Covid-19 pandemic have resulted in a decline in the number of intercity bus passengers, leading to operational difficulties and bankruptcy for some bus companies. Therefore, there is a need for a medium that can facilitate the use of intercity bus services to enchance customer satisfaction and increase public interest in using this mode of transportation. This study utilizes the design thinking method to develop an application design that closely aligns with user needs. The method starts with conducting interviews with potential application users to gather information and understand their needs. Subsequently, these needs are processed through empathy mapping, user journey mapping, and point of view techniques. Various ideas are then developed into solution concepts through the how might we approach and transformed into experience prototypes to be validated. The next stage involves creating user flows and developing prototypes, ranging from low-fidelity to high-fidelity designs. Finally, testing is conducted to gather feedback and evaluate the usability of the designed interfaces using usability testing methods. The result of this research is a high-fidelity prototype that consisting of three main features, there are digital ticket booking, journey reminders, and a rating system. It is hoped that this research can make it easier for intercity bus users to get the best services and contributes to further studies related to the application of design thinking method in the context of digitalizing intercity bus transportation services.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transportasi Bus, Digitalisasi Pelayanan, Desain Pengalaman Pengguna, Design Thinking, Usability Testing, Bus Transportation, Service Digitalization, User Experience Design |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Jihaan Harvi Habibah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:06 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/105631 |
Actions (login required)
View Item |