Analisis Faktor Kesuksesan Digitalisasi Mitra Perusahaan Sampoerna Retail Community (SRC) Dengan Menggunakan Metode Kualitatif

Fauzia, Rahma (2024) Analisis Faktor Kesuksesan Digitalisasi Mitra Perusahaan Sampoerna Retail Community (SRC) Dengan Menggunakan Metode Kualitatif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5026201027_Bachelor Degree_Final Project.pdf] Text
5026201027_Bachelor Degree_Final Project.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Digitalisasi yang terjadi saat ini tidak hanya berdampak pada perusahaan besar, tetapi juga perusahaan kecil dan retailer kecil seperti warung. Sampoerna retail community merupakan salah satu perusahaan yang membawa teknologi digital kepada warung - warung kemudian membuat warung tersebut menjadi mitra bisnis. Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam meningkatkan kinerja warung. Permasalahan: Dalam kinerja warung sebagai mitra SRC, dampak yang dirasakan tidaklah sama. Ada mitra SRC yang merasakan dampak signifikan setelah menjadi mitra SRC dan ada juga mitra yang belum merasakan perubahan signifikan dalam peningkatan digitalisasi yang diterapkan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor dan komponen lain yang harus diperhatikan dalam mempengaruhi kesuksesan sebuah warung. Tujuan: Dari permaslahan yang telah didefinisikan, perlu untuk mengidentifikasi apa saja faktor yang mempengaruhi kesuksesan warung, sehingga nantinya dapat memberikan rekomendasi kepada mitra warung SRC dan dapat menjadi pertimbangan dalam meningkatkan kualitas mitra SRC.
Metoode: Pendapatan dari model bisnis yang unik jarang diamati dalam penelitian dengan pendekatan sosio-teknis yang menekankan faktor pemilik warung dengan keterampilan yang sesuai dengan transformasi digital. Studi kasus dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif kepada mitra SRC. Analisis dilakukan dengan menggunakan kodifikasi, dengan menggunakan open koding dan axial coding dengan tujuan untuk menemukan pola dalam proses digitalisasi pada SRC. Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah digitalisasi berdampak pada teknologi yang digunakan, efisiensi proses dan individu pemilik toko. Dimana hal ini didasari pada growth mindset dan teknologi mindset yang dimiliki oleh mitra SRC. Ditemukan temuan baru bahwa structure yang merupakan salah satu faktor dari sosio teknis ditunjang juga dengan lokasi warung yang berdampak kepada task (tugas) yang dilakukan dan pengoptimalan teknologi yang dipakai. Manfaat: Penelitian ini dapat bermanfaat dalam bentuk rekomendasi baru untuk mitra SRC dan manajemen SRC untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan digitalisasi sehingga dapat meningkatkan pendapatan pemilik warung khususnya pemulihan ekonomi pasca COVID-19. Penelitian ini juga dapat memperluas pemahaman teoritis terkait transformasi digital bagi pemilik warung yang dapat berkontribusi pada penelitian terkait di masa mendatang.
=================================================================================================================================
Background: The current wave of digitization affects not just big businesses but also startups and tiny stores like roadside stands. One company that equips vendors with digital technology and then turns them into business partners is Sampoerna Retail Community (SRC). This seeks to make things easier while enhancing stall performance. Problem: The influence on stalls' performance as SRC partners is not the same. There are SRC partners who have experienced a big influence on digitalization since joining the consortium, while there are other partners who have not noticed any notable changes in the achieved digitalization advances. This demonstrates the need to consider other elements and aspects when determining the viability of a roadside business. Purpose: To make recommendations to the SRC's roadside stall partners and to improve the business quality of SRC partners, it is necessary to determine from the problems that have been defined what are the factors that influence the success of the roadside stall. Methods: Revenue from a unique business model is rarely observed in research with a socio-technical approach that emphasizes factor farmers with skills appropriate to digital transformation. The case studies were conducted using qualitative research to SRC partners. The analysis was done using codification, using open coding and axial coding with the aim of finding patterns in the digitization process on SRC. Results: Outcome that we get from this research is that digitization has an impact on the technology used, the efficiency of processes and the individual store owners. Where this is based on the growth mindset and technology mindset owned by SRC partners. Found new findings that the structure that is one of the factors of the technical society is also supported by the location of the venue that affects the task performed and the optimization of the technology used.. Benefits: Finding out what elements affect the effectiveness of digitalization can help shop owners earn more money, especially after the COVID-19 economic recovery. This research can be valuable in the form of new recommendations for SRC partners and SRC management. For store owners who may later contribute to relevant research, this study can help deepen their theoretical understanding of the connected topic of digital transformation.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, Transformasi Digital, Retail, Pemilik Warung
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rahma Fauzia
Date Deposited: 05 Feb 2024 16:16
Last Modified: 05 Feb 2024 16:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106115

Actions (login required)

View Item View Item