Analisis Penerapan Sistem Antrian Lalu Lintas pada Perempatan Jalan (Studi Kasus : Perempatan Jalan Dr. Ir. Soekarno dan Jalan Kertajaya

Imam, Ainul (2024) Analisis Penerapan Sistem Antrian Lalu Lintas pada Perempatan Jalan (Studi Kasus : Perempatan Jalan Dr. Ir. Soekarno dan Jalan Kertajaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111640007002-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
06111640007002-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kenaikan kepemilikan kendaraan diakibatkan oleh meningkatnya daya beli masyarakat yang menyebabkan peningkatan lalu lintas yang dapat menciptakan kemacetan lalu lintas. Solusi seperti pelebaran jalan raya membutuhkan investasi besar, sehingga analisis sistem lalu lintas pada titik rawan kemacetan menjadi alternatif. Persimpangan lampu lalu lintas sering menjadi titik kemacetan, mengharuskan penggunaan lampu lalu lintas untuk mengatur arus lalu lintas. Durasi lampu merah dan hijau menjadi krusial, mengakibatkan antrian kendaraan. Dalam hal ini teori antrian memiliki peran untuk memodelkan antrian yang terjadi di lampu lalu lintas. Model antrian seperti M/M/1 digunakan untuk menganalisis persimpangan Ir. Soekarno - Kertajaya di Kota Surabaya, memberikan pandangan terhadap efektivitas lampu lalu lintas dan potensi peningkatan keefektifannya di masa depan. Pada tugas akhir ini dianalisis efektifitas dari sistem antrian pada lampu lalu lintas di perempatan jalan Dr. Ir. Soekarno dan jalan Kertajaya Indah berdasarkan nilai ρ pada model antrian. Jika nilai ρ<1 maka sistem antrian dikatakan efektif, sedangkan jika ρ>1 sistem antrian dikatakan tidak efektif. Sistem antrian dikatakan efektif jika tidak ada kendaraan yang mengalami lebih satu kali siklus lampu lalu lintas. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa pada hari kerja di pagi hari terdapat sisi perempatan yang memiliki nilai ρ>1 saat pukul 06.30-09.00 dan juga memiliki nilai ρ>1 di semua sisi lampu lalu lintas saat sore hari. Sedangkan pada hari libur semua sisi perempatan memiliki nilai ρ<1 saat di pagi hari dan nilai ρ>1 di sore hari.
=================================================================================================================================
The increase in vehicle ownership is caused by the increasing purchasing power of the community, which causes an increase in traffic that can create traffic congestion. Solutions such as widening the highway require large investments, so the analysis of the traffic system at congestion prone points becomes an alternative. Traffic light intersections often become congestion points, requiring the use of traffic lights to regulate traffic flow. The duration of red and green lights is crucial, resulting in vehicle queues. In this case, queue theory has a role to play in modeling queues that occur at traffic lights. Queue models such as M/M/1 are used to analyze the Ir. Soekarno - Kertajaya intersection in Surabaya City, providing insights into the effectiveness of traffic lights and the potential for improving their effectiveness in the future. In this final project, the effectiveness of the queue system at the traffic light at the intersection of Dr. Ir. Soekarno and Kertajaya Indah street based on the value in the queue model. The results show that on weekdays in the morning there are sides of the intersection that have a value ρ>1 at 06.30-09.00 and also have a value ρ>1 on all sides of the traffic light in the afternoon. Whereas on holidays all sides of the intersection have a value ρ<1 in the morning and a value ρ>1 in the afternoon.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lampu Lalu Lintas, Sistem Antrian, M/M/1, Traffict Systems, Queue System
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics > QA274.8 Queuing theory
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ainul Imam
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:59
Last Modified: 12 Feb 2024 08:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106519

Actions (login required)

View Item View Item