STUDI PERILAKU DINAMIS STRUKTUR JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) AKIBAT BEBAN MANUSIA BERGERAK

PUTRA, ADI SATRIA (2016) STUDI PERILAKU DINAMIS STRUKTUR JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) AKIBAT BEBAN MANUSIA BERGERAK. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3107100127-Abstrack.pdf]
Preview
Text
3107100127-Abstrack.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 3107100127-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3107100127-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3107100127-conclusion.pdf]
Preview
Text
3107100127-conclusion.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview

Abstract

Jembatan penyeberangan orang menurut lokasinya bisa
berada di jalan raya yang padat lalu lintasnya, stasiun kereta
api/bus, ataupun untuk menyeberangi sungai. Penelitian ini
bertujuan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh beban
manusia bergerak bersamaan. Dalam merencanakan struktur JPO
apabila beban manusia bergerak tidak mempertimbangkan beban
dinamis, maka bisa menjadi penyebab kegagalan struktur.
JPO di Indonesia yang merencanakan dengan pedoman
SNI hanya memperhitungkan beban hidup sebagai beban statis,
bukan beban dinamis. Uji kasus dilakukan untuk menganalisa
contoh JPO di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Didapat
beberapa kesimpulan mengenai kelakuan dinamis dari struktur
JPO. Untuk frekuensi alami dari jembatan dapat mengacu kepada
ketentuan dari British Standart.
Setelah frekuensi JPO akibat beban dinamis manusia
terdefinisi, maka antara frekuensi alami dan frekuensi akibat
beban dinamis manusia dibandingkan. Dengan didapatkannya
beberapa kesimpulan, maka diharapkan kelakuan dinamis struktur
jembatan penyeberangan orang akibat beban manusia yang
bergerak bisa lebih dipahami.
Displacement maksimum pada JPO akibat beban dinamis
manusia berjalan sebesar 44,90 mm terjadi ketika beban manusia
mencapai ujung jembatan ( waktu tempuh t = 60 s ). Sedangkan
displacement maksimum akibat beban hidup merata terjadi di
tengah bentang jembatan sebesar 82,054 mm. Nilai ini lebih
rendah daripada nilai ijin lendutan yang terjadi pada jembatan yaitu 168 mm. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara JPO gantung
tersebut secara kekuatan memenuhi syarat, tetapi secara
kenyamanan masih kurang, sehingga perlu perkuatan, agar
kekakuan struktur JPO gantung lebih tinggi dan menyebabkan
meningkatnya nilai frekuensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Adi s
Uncontrolled Keywords: beban hidup, manusia bergerak, dinamis, jembatan penyeberangan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Dec 2016 01:21
Last Modified: 27 Dec 2018 03:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item