Analisis Peningkatan Efisiensi Waktu Tunggu Kapal PT PIS di Pelabuhan Tanjung Priok

Adisty, Nurlita (2024) Analisis Peningkatan Efisiensi Waktu Tunggu Kapal PT PIS di Pelabuhan Tanjung Priok. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032202213-Master_Thesis.pdf] Text
6032202213-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan memegang peran sentral dalam menggerakkan ekonomi dan perdagangan suatu negara, menjadi pintu gerbang perdagangan internasional, yang memungkinkan pergerakan komoditas dan sumber daya dengan pasar global. Kinerja pelabuhan berdampak signifikan pada kemampuan suatu negara untuk bersaing dalam perdagangan global. Lamanya waktu tunggu kapal di pelabuhan, seperti di Pelabuhan Tanjung Priok di Indonesia, merupakan masalah serius yang memengaruhi operasional pelabuhan, rantai pasokan, dan ekonomi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi waktu tunggu kapal di Pelabuhan Tanjung Priok dan mencari solusi untuk mengurangi lamanya waktu tunggu ini. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dan metode SWOT untuk memecahkan masalah. Penulisan penelitian ini memberikan manfaat teoritis dengan kontribusi pada pengetahuan ilmiah, validasi teori dan konsep, serta pengembangan model analitis. Secara praktis, penelitian ini membantu optimisasi operasional pelabuhan, efisiensi biaya, dan pelayanan. Studi ini akan memfokuskan pada Pelabuhan Tanjung Priok di Indonesia, dengan data terbatas pada ketersediaan dan relevansi data. Penerapan rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat membantu PT Pertamina International Shipping (PT PIS) mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh biaya sewa kapal yang tinggi dan meningkatkan efisiensi operasionalnya.
=================================================================================================================================
Ports play a central role in driving a country's economy and trade, serving as gateways to international trade that enable the movement of commodities and resources in the global market. The performance of a port significantly impacts a country's ability to compete in the global trade arena. The waiting time for ships at ports, such as at Tanjung Priok Port in Indonesia, is a serious issue that affects port operations, supply chains, and the overall economy. This research aims to understand the factors influencing the waiting time for ships at Tanjung Priok Port and seek solutions to reduce this waiting time. This research utilizes Multiple Regression Analysis and the SWOT method to solve the problem. The research contributes theoretically by advancing scientific knowledge, validating theories and concepts, and developing analytical models. In practical terms, this research helps optimize port operations, cost efficiency, and services. This study focuses on Tanjung Priok Port in Indonesia, with limited availability and relevance of data. The implementation of recommendations resulting from this research is expected to assist PT Pertamina International Shipping (PT PIS) in reducing losses caused by high ship rental costs and improving operational efficiency.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu Kapal, Waiting Time, SWOT, Pelabuhan Tanjung Priok, Waiting Time for Ships, Tanjung Priok Port
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Nurlita Adisty
Date Deposited: 08 Feb 2024 16:39
Last Modified: 08 Feb 2024 16:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106707

Actions (login required)

View Item View Item