Model Perencanaan Armada Angkutan Batubara Untuk Jangka Panjang

Prasetya, Rendy Putra (2024) Model Perencanaan Armada Angkutan Batubara Untuk Jangka Panjang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411940000008-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411940000008-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengiriman batubara merupakan kegiatan yang cukup krusial dalam menjalankan operasional PLTU. Pada PLTU milik PLNIP dan PLNNP yang berada di Selatan Jawa terdapat 4 PLTU yang beroperasi. Dalam melakukan pengiriman batubara moda transportasi yang digunakan dalam pengiriman batubara dapat memengaruhi efisiensi serta biaya pengiriman, moda transportasi yang umumnya digunakan yaitu tongkang (Barge), Self Propelled Barge (SPB), dan vessel. Kendala yang dihadapi pada PLTU di Selatan Jawa yaitu pada saat gelombang tinggi, dikarenakan hanya vessel yang dapat digunakan untuk melakukan pengiriman, akan tetapi vessel membutuhkan jetty dan peralatan bongkar muat yang lebih dibandingkan tongkang maupun SPB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah integer linear programming dengan tujuan Mengetahui jumlah armada yang optimal pada pengiriman batubara untuk empat PLTU, mengetahui tingkat ketersediaan batubara setelah menggunakan alternatif armada, enghitung analisis biaya transportasi batubara dengan pengimplementasian alternatif armada. dengan batasan yaitu PLTU yang digunakan hanya 4 PLTU milik Indonesia Power dan Nusantara Power yang berada di Selatan Jawa, kapal yang dibutuhkan selalu tersedia, waktu yang digunakan untuk aplikasi pada penelitian ini yaitu satu tahun. Pemilihan armada open source dilakukan dengan menggunakan metode integer linear programing dengan hasil 32 frekuensi vessel 24K, 35 frekuensi vessel 26K, 300 frekuensi vessel 33K dengan hasil minimasi biaya yaitu 18,745 triliun rupiah. Tingkat persediaan batu bara dari hasil optimasi dapat disimpulkan baik karena dari hasil simulasi telah melewati dari safety stock.
=================================================================================================================================
Coal delivery is a crucial activity in carrying out PLTU operations. At the PLNIP and PLNNP PLTUs in South Java, there are 4 PLTUs in operation. When shipping coal, the mode of transportation used in shipping coal can affect the efficiency and shipping costs. The modes of transportation that are generally used are barges, self-propelled barges (SPB) and vessels. The problem faced by PLTUs in South Java is during high waves, because only vessels can be used to make deliveries, but vessels require more jetties and loading and unloading equipment than barges or SPBs. The method used in this research is integer linear programming with the aim of knowing the optimal number of fleets for coal delivery for four PLTUs, knowing the level of coal availability after using alternative fleets, calculating coal transportation cost analysis by implementing alternative fleets. with the limitation that the PLTUs used are only 4 PLTUs belonging to Indonesia Power and Nusantara Power located in the South of Java, the ships needed are always available, the time used for the application in this research is one year. The selection of the open source fleet was carried out using the integer linear programming method with the results of 32 24K vessel frequencies, 35 26K vessel frequencies, 300 33K vessel frequencies with a cost minimization result of 18.745 trillion rupiah. The coal inventory level from the optimization results can be concluded to be good because the simulation results have passed the safety stock.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Batubara, Moda Transportasi, Optimasi,PLTU
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.6 Transportation problems (Programming)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rendy Putra Prasetya
Date Deposited: 11 Feb 2024 00:43
Last Modified: 11 Feb 2024 00:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106813

Actions (login required)

View Item View Item