Pengembangan Dashboard Database Risiko Berbasis Excel untuk Pemantuan Risiko Major Project di Bank Indonesia

Taufiqurrahman Atmaja, Muhammad Ghani (2024) Pengembangan Dashboard Database Risiko Berbasis Excel untuk Pemantuan Risiko Major Project di Bank Indonesia. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 5025201110-Project_Repot (2).pdf] Text
5025201110-Project_Repot (2).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy

Abstract

Departemen Manajemen Risiko (DMR) dalam mengevaluasi Major Project di Kantor Pusat Bank Indonesia (BI) memiliki tiga tugas utama salah satunya adalah implementasi perumusan, pemantauan, dan pengendalian Risiko Major Project BI. Untuk pemantauan Risiko Major Project yang efisien, disarankan pembuatan Dashboard menggunakan Excel yang menggunakan alat Visual Basic for Applications (VBA) dan Macro untuk visualisasi data yang lebih optimal. Dashboard dikembangkan di Excel dengan VBA, berfokus pada Risiko Portofolio seperti Risiko Interkoneksi, Enterprise, Biaya, Mutu, Waktu, dan Governance. Dashboard ini ditingkatkan dengan fitur kalkulasi Nilai Risiko Dasar (NRD) dan Nilai Risiko Akhir (NRA), serta filter berdasarkan periode, program, dan proyek tertentu untuk memudahkan analisis data. Pembersihan dan validasi data juga dilakukan untuk memastikan keakuratan informasi. Hasil penilaian menunjukkan dashboard ini sangat membantu dengan tingkat kesesuaian 92,5%. Evaluasi berkala memastikan pengembangan sesuai kebutuhan Tim Major Project.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Dashboard , Macro , Manajemen Risiko, VBA
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Ghani Taufiqurrahman Atmaja
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:09
Last Modified: 05 Jul 2024 08:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108085

Actions (login required)

View Item View Item