Model Probabilitas Penggunaan Angkutan Umum Menggunakan Metode Revealed Dan Stated Preference (Studi Kasus Jabodetabek)

Muhtadi, Adhi (2024) Model Probabilitas Penggunaan Angkutan Umum Menggunakan Metode Revealed Dan Stated Preference (Studi Kasus Jabodetabek). Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111660010007-DISSERTATION.pdf] Text
03111660010007-DISSERTATION.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan sepeda motor dan mobil melaju lebih cepat daripada pertambahan panjang jalan di Jabodetabek, akibatnya 63 ruas jalan mengalami kemacetan. Saat ini moda share KRL dan TransJakarta masih sebesar 3,23%. Padahal target Sistrada dan Rencana Induk Transportasi Jabodetabek angkutan umum mencapai 60% di Tahun 2030. Untuk mencapai target tersebut diperlukan upaya penelitian guna mengetahui variabel pemicu perpindahan dari pengguna kendaraan pribadi (sepeda motor dan mobil) ke KRL dan TransJakarta saat ini. Selain itu diperlukan upaya peningkatan kualitas pelayanan angkutan umum dan upaya pembatasan penggunaan kendaraan pribadi. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu Revealed Preference (RP) dan Stated Preference (SP). Kuesioner dibagikan kepada 2337 responden pengguna KRL, TransJakarta, sepeda motor dan mobil. Untuk teknik analisis menggunakan Regresi Logistik Biner dan Multinomial. Sebanyak 20 variabel prediktor dan 1 variabel respon diteliti yang termasuk dalam karakteristik sosial ekonomi serta karakteristik perjalanan pengguna KRL dan TransJakarta. Melalui metode RP dapat diketahui bahwa pemicu peralihan pengguna kendaraan pribadi saat ini adalah waktu tunggu angkutan umum, waktu tempuh angkutan umum, biaya perjalanan angkutan umum dan biaya parkir kendaraan pribadi di area park and ride. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah menggunakan metode SP untuk mengetahui besar potensi peralihan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. Variabel yang digunakan dalam metode SP adalah waktu tempuh, biaya perjalanan, headway, road pricing dan tarif parkir progresif di luar area park and ride. Dari penelitian direkomendasikanpada tahap awal adalah dengan melakukan pengurangan waktu tempuh angkutan umum 20%, headway 5 menit, road pricing untuk sepeda motor Rp. 5.000/hari, road pricing untuk pengguna mobil Rp. 20.000/hari, tarif parkir sepeda motor diluar park and ride Rp. 4.000/jam dan tarif parkir mobil diluar park and ride sebesar Rp. 8,000/jam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: probabilitas, angkutan umum, revealed preference, stated preference, regresi logistik biner, regresi logistik multinomial
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Adhi Muhtadi
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:31
Last Modified: 15 Jul 2024 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108326

Actions (login required)

View Item View Item