Analisis Keseimbangan Kapasitas Distribusi Semen Curah untuk Proyek Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Amira, Ratu Ryza (2024) Analisis Keseimbangan Kapasitas Distribusi Semen Curah untuk Proyek Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010201066-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5010201066-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sistem logistik merupakan aktivitas yang penting dari suatu perusahaan dan perlu difokuskan untuk memenuhi demand berdasarkan kapasitas supply yaitu dengan menjaga keseimbangan kapasitas saluran distribusi. Sistem logistik yang efektif dan efisien sangat penting bagi PT. X untuk memenuhi permintaan berdasarkan kapasitas supply dan menjaga keseimbangan kapasitas saluran distribusi. Penelitian ini menganalisis studi kasus pada PT. X dalam memenuhi kebutuhan semen pada proyek Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, yang diperkirakan mencapai 21,5 juta ton hingga tahun 2045. Meskipun industri semen Indonesia sedang mengalami over supply, ketidakseimbangan saluran distribusi terjadi karena adanya bottleneck di beberapa wilayah termasuk untuk proyek pembangunan IKN sehingga perusahaan mengalami kondisi out of stock. Pada penelitian ini, akan dibahas mengenai analisis penentuan kapasitas distribusi yang cukup dan seimbang pada setiap tahap distribusi semen curah dengan penambahan fasilitas silo berkapasitas 5 ribu ton pada packing plant. Metode pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini adalah discrete event simulation untuk menyelesaikan permasalahan stock out dan meningkatkan persentase nilai fill rate. Terdapat dua skenario perbaikan yang diterapkan dalam model simulasi, dengan mempertimbangkan penambahan fasilitas logistik dan alokasi tipe, kapasitas, dan jumlah ritase pada kapal yang digunakan dalam proses distribusi melalui jalur laut. Berdasarkan hasil penelitian, skenario terbaik yang dapat dipilih berdasarkan data historis dan kondisi saat ini adalah subskenario 1.1 pada skenario 1 dengan persentase rata-rata total fill rate sebesar 97%. Adapun rata-rata total truk yang dibutuhkan per hari dalam proses distribusi semen curah dari packing plant A menuju gudang proyek IKN adalah 39 truk curah dengan kapasitas rata-rata 30 ton. Apabila demand meningkat pada waktu yang akan datang, skenario 2 dapat diterapkan dengan tetap mempertimbangkan keseimbangan saluran distribusi untuk mencegah kondisi stock out dan dapat memenuhi permintaan dengan nilai fill rate mendekati persentase 100%.
=================================================================================================================================
The logistics system is a crucial activity for a company and needs to be focused on meeting demand based on supply capacity by maintaining the balance of distribution channel capacity. An effective and efficient logistics system is essential for PT. X to meet demand based on supply capacity and maintain the balance of distribution channel capacity. This study analyzes a case at PT. X to meet the cement needs for the National Capital City (IKN) project in East Kalimantan, estimated to reach 21.5 million tons by 2045. Although the Indonesian cement industry is experiencing an oversupply, distribution channel imbalances occur due to bottlenecks in several regions, including the IKN construction project, leading to out-of-stock conditions. This study discusses the analysis of determining adequate and balanced distribution capacity at each stage of bulk cement distribution by adding silo facilities with a capacity of 5,000 tons at the packing plant. The approach method applied in this study is discrete event simulation to solve stock-out problems and increase the fill rate percentage. Two improvement scenarios are applied in the simulation model, considering the addition of logistics facilities and allocating the type, capacity, and number of trips for ships used in the sea distribution process. Based on the research results, the best scenario that can be chosen based on historical data and current conditions is sub-scenario 1.1 in scenario 1 with an average total fill rate percentage of 97%. The average number of trucks needed per day in the bulk cement distribution process from the A packing plant to the IKN project warehouse is 39 bulk trucks with an average capacity of 30 tons. If demand increases in the future, scenario 2 can be applied while still considering the balance of distribution channels to prevent stock-out conditions and meet demand with a fill rate close to 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Distribusi, Stock Out, Packing plant, Discrete-Event Simulation, Fill Rate, Distribution Capacity.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE564.A1 Shipping
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ratu Ryza Amira
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:03
Last Modified: 19 Jul 2024 06:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108504

Actions (login required)

View Item View Item