Pengembangan Aplikasi Inovatif dengan Transparansi Informasi Untuk Jual Beli Mobil Bekas Menggunakan Metodologi Design Thinking

Sabil, Al Qamah (2024) Pengembangan Aplikasi Inovatif dengan Transparansi Informasi Untuk Jual Beli Mobil Bekas Menggunakan Metodologi Design Thinking. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6047221034-Master_Thesis.pdf] Text
6047221034-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini membahas penelitian mengenai pengembangan aplikasi sebagai inovasi dalam industri jual beli mobil bekas yang fokus pada peningkatan transparansi informasi. Saat ini, industri jual beli mobil bekas menghadapi tantangan serius dalam hal transparansi informasi yang dapat menghambat proses transaksi dan mengurangi tingkat kepercayaan antara penjual dan pembeli. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan solusi yang inovatif dengan menerapkan prinsip-prinsip Design Thinking. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis aplikasi jual beli mobil bekas yang ada saat ini dan mengidentifikasi masalah utama yang dihadapi oleh pengguna. Pada tahap ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan pada aplikasi yang sedang dikembangkan, sehingga perlu dilakukan penyempurnaan dengan melengkapi fitur-fitur yang memenuhi aspek transparansi informasi dengan menggunakan metodologi Design Thinking untuk menghasilkan aplikasi yang lebih berkualitas. Selain itu, kurangnya pemahaman mendalam tentang kebutuhan pengguna juga menjadi masalah yang perlu diatasi. Selanjutnya, penelitian ini menerapkan pendekatan Design Thinking untuk merancang dan mengembangkan aplikasi jual beli mobil bekas. Pendekatan ini melibatkan pemahaman mendalam terhadap pengguna, kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, serta iterasi berulang dalam perancangan dan pengembangan aplikasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi bisnis jual beli mobil bekas secara online dengan memberikan detail informasi mobil yang transparan tentang kondisi mobil, riwayat perawatan, latar belakang, harga yang sesuai dukungan data dari pihak ketiga yang akurat dapat mempermudah dalam proses pengambilan keputusan
=====================================================================================================================================
This thesis discusses research regarding application development as an innovation in the used car buying and selling industry which focuses on increasing information transparency. Currently, the used car buying and selling industry faces serious challenges in terms of information transparency which can hamper the transaction process and reduce the level of trust between sellers and buyers. In an effort to overcome this problem, this research proposes an innovative solution by applying the principles of Design Thinking. This research began by analyzing existing used car buying and selling applications and identifying the main problems faced by users. At this stage, the author realizes that there are still shortcomings in the application being developed, so improvements need to be made by completing features that meet the information transparency aspect using the Design Thinking methodology to produce a higher quality application. Additionally, a lack of in-depth understanding of user needs is also a problem that needs to be addressed. Furthermore, this research applies a Design Thinking approach to designing and developing a used car buying and selling application. This approach involves deep understanding of users, collaboration with stakeholders, and repeated iterations in application design and development. It is hoped that the results of this research can be a solution for the online used car buying and selling business by providing detailed, transparent car information about the condition of the car, maintenance history, background, appropriate prices, supported by accurate third party data that can make the decision making process easier.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keywords: used car buying and selling, information transparency, Design Thinking, innovation, used car marketplace application.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 78201-System And Technology Innovation
Depositing User: Al Qamah Sabil
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:21
Last Modified: 22 Jul 2024 01:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108549

Actions (login required)

View Item View Item