Perancangan dan Implementasi Antarmuka Web 15 Minutes Surabaya

Pamuji, Adinda Zahra (2024) Perancangan dan Implementasi Antarmuka Web 15 Minutes Surabaya. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 5025201175-Project_Report.pdf] Text
5025201175-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Proyek "15 Minutes Surabaya" dirancang untuk mengimplementasikan konsep "15-Minutes City" yang dikemukakan oleh Carlos Moreno di kota Surabaya. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan urban di mana semua kebutuhan dasar dapat dicapai dalam waktu 15 menit berjalan kaki atau bersepeda, termasuk tempat tinggal, bekerja, perdagangan, kesehatan, pendidikan, dan hiburan. Melalui platform web interaktif, pengguna dapat mencari dan mengevaluasi titik fungsi sosial yang berjarak 15 menit berjalan kaki dari suatu lokasi. Website ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup warga dengan mengurangi kemacetan dan polusi serta menyediakan data dan rekomendasi bagi perencana kota. Sistem ini memanfaatkan teknologi peta interaktif dan analisis aksesibilitas untuk menilai apakah suatu area memenuhi kriteria "Kota 15 Menit". Dalam pelaksanaan proyek ini, kami menggunakan berbagai teknologi modern untuk memastikan sistem berfungsi dengan optimal dan dapat diakses oleh masyarakat dengan kendala seminimal mungkin. Platform ini dirancang dengan menggunakan framework NextJS dan API dari OpenStreetMaps untuk menyediakan peta interaktif dan fitur pencarian yang efisien. Selain itu, sistem ini dilengkapi dengan fitur evaluasi yang mengukur kelengkapan fungsi sosial di area tertentu, memberikan rekomendasi penempatan halte untuk area yang tidak memenuhi kriteria "Kota 15 Menit", serta menyediakan antarmuka pengguna yang mudah digunakan. Proyek ini diharapkan menjadi alat yang efektif dalam perencanaan urban yang inklusif, berkelanjutan, dan berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Surabaya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Website, 15 Minutes, Next JS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adinda Zahra Pamuji
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:23
Last Modified: 22 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108554

Actions (login required)

View Item View Item