Laporan Magang Industri Analisa Perhitungan Kapasitas Mesin Bending Roll 25 MM Dalam Satuan Ton Per Tahun dI PT PUSPETINDO

Andini, Maulidiah (2024) Laporan Magang Industri Analisa Perhitungan Kapasitas Mesin Bending Roll 25 MM Dalam Satuan Ton Per Tahun dI PT PUSPETINDO. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038201074-Project_Report.pdf] Text
2038201074-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Proses bending roll merupakan salahsatu proses manufaktur yang sering dilakukan di PT.Puspetindo sebagai langkah awal awal proses fabrikasi pada saat memproduksi sebuah pressure vessel air receiver atau tank. Dalam produksi bejana tekan, penggunaan roll bending mencakup pembengkokan bagian tabung silinder menjadi yang paling umum ada pula gulungan kerucut, serta berbagai pembengkokan lainya. Dengan pembengkokan menggunakan lembaran baja metode pengepresan biasanya menggunakan mesin pembengkok gulungan tiga titik, dan menyebabkan deformasi plastis untuk mencapai radius tekukan yang diperlukan. Saat digulung,bahan lembaran ditempatkan di antara poros rol atas dan bawah dari alas rol. Poros roller atas kemudian turun sehingga menyebabkan material pelat bengkok dan berubah bentuk akibat momen lentur. Perputaran poros rol atas dan bawah menimbulkan gesekan antara poros rol dan pelat baja, yang mendorong pelat bergerak, terus menerus mengubah posisi tekanan lembaran logam dan membentuk permukaan lentur yang halus, sehingga menyelesaikan proses pembentukan gulungan. Untuk memberikan kesimpulan perhitungan kapasitas mesin bending roll 25mm, informasi yang lebih spesifik tentang perhitungan tersebut diperlukan. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kapasitas mesin bending roll melibatkan karakteristik bahan yang ditekuk, radius tekuk, tebal material, dan parameter lainnya. Dalam perhitungan dengan melakukan pengujian langsung pada mesin dan sebagai referensi di PT. Puspetindo kapasitas sebuah mesin bending roll 25mm memiliki kapasitas untuk menekuk plat baja dengan ketebalan 6mm perbulannya 36,7ton/bulan sehingga pertahunnya mesin bending roll 25mm dapat mengeroll plat seberat 440,1 ton/tahun. Salah satu faktor yang mempengaruhi kapasitas yakni manhour dimana jumlah pekerja sangat mempengaruhi. Sehingga apabila banyak orderan yang masuk dan Analisa perhitungan kapasitas mesin bending roll ini dalat dijadikan acuan dan pembanding di PT. Puspetindo. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan jumlah operator sebanyak 3 dengan masing masing memiliki fokusan (pemotongan PreBend, mengendalikan mesin over head crane, operator bending roll) maka akan menghemat biaya dan waktu pengerolan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Analisa, Kapasitas, Mesin Bending Roll, Operator, Radius.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
T Technology > TS Manufactures > TS280 Pipe Bending, Tube Bending
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Maulidiah Andini
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:26
Last Modified: 24 Jul 2024 00:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108722

Actions (login required)

View Item View Item