Transformasi Digital dan Industri 4.0 di Galangan Kapal Indonesia (Studi Kasus di PT PAL Indonesia)

Alam, Mujizat (2024) Transformasi Digital dan Industri 4.0 di Galangan Kapal Indonesia (Studi Kasus di PT PAL Indonesia). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032221192 -Master_Thesis.pdf] Text
6032221192 -Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi digital dan industri 4.0 telah terbukti mampu untuk memperkuat kinerja perusahaan, menciptakan nilai, dan memperoleh keunggulan kompetitif di berbagai industri. Daya tariknya telah meningkat di antara perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor dan lembaga pemerintah dalam perekonomian Indonesia, tetapi generalisasi dan replikasi yang terbatas telah ditemukan dalam model-model yang ada saat ini, yang menimbulkan kesulitan dalam penerapan ke dalam industri galangan kapal Indonesia. Oleh karena itu, studi penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penerapan PT PAL Indonesia dalam prinsip-prinsip industri 4.0 termasuk dampak transformasi digital serta implementasi terhadap proses produksi dan kinerja perusahaan secara keseluruhan dan tantangan utama yang dihadapi dalam transformasi industri 4.0. Dalam penelitian ini menggunakan metode campuran dengan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data dari survei/ kuisioner dan juga data perusahaan. Dari hasil penelitian pengujian simultan (Uji F) menunjukkan adanya pengaruh secara simultan penerapan transformasi industri 4.0 terhadap pencapaian tujuan organisasi. Hasil pengujian yang positif berpengaruh ditunjukkan pada kinerja keuangan RKAP PT PAL Indonesia yang mengalami kenaikan signifikan dari tahun 2020 senilai Rp. 1.826 miliar naik menjadi Rp. 3.620 miliar pada tahun 2023 dan proyeksi pada tahun 2024 mencapai Rp. 5.109 Miliar. Dari sisi kemampuan produktivitas pun mengalami kenaikan dari semula 20 blok kapal per bulan menjadi 50 blok kapal per bulan, yang tentunya berdampak pada lebih pendeknya dock time dan waktu pembangunan kapal menjadi lebih cepat. Namun, tantangan yang dihadapi dalam implementasi industri 4.0 adalah terkait budaya dan keterbukaan terhadap perubahan. Selain itu juga dari biaya investasi terhadap penyediaan infrastruktur dan pengembangan SDM.
=================================================================================================================================
Digital transformation and Industry 4.0 have proven to be capable of strengthening corporate performance, creating value, and gaining competitive advantage in various industries. Its appeal has increased among companies from various sectors and government agencies in the Indonesian economy, but limited generalizability and replicability have been found in existing models, which poses difficulties in applicability to the Indonesian shipbuilding industry. Therefore, this research study aims to identify and analyze PT PAL Indonesia's implementation of industry 4.0 principles including the impact of digital transformation and implementation on production processes and overall company performance and the main challenges faced in industry 4.0 transformation. In this study using mixed methods with qualitative and quantitative analysis to collect data from surveys / questionnaires and also company data. From the results of simultaneous testing research (F test) shows the simultaneous influence of the application of industrial transformation 4.0 on the achievement of organizational goals. The positive test results are shown in the financial performance of PT PAL Indonesia's RKAP which experienced a significant increase from 2020 worth Rp. 1,826 billion to Rp. 3,620 billion in 2023 and projections in 2024 reached Rp. 5,109 billion. In terms of productivity capabilities, it has also increased from the original 20 ship blocks per month to 50 ship blocks per month, which of course has an impact on shorter dock time and faster shipbuilding time. However, the challenges faced in implementing industry 4.0 are related to culture and openness to change. In addition, there are also investment costs for infrastructure provision and human resource development.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Industri 4.0, Tranformasi, Galangan Kapal, Transformation, Shipyard, PT PAL Indonesia
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q325.5 Machine learning. Support vector machines.
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Mujizat Alam
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:40
Last Modified: 23 Jul 2024 07:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108784

Actions (login required)

View Item View Item