Laporan Kerja Praktek 10 Juli-10 November 2023 di PT INKA (Persero) Madiun Analisis Kekuatan Axle pada Kereta Api TMC PPI berdasarkan Standar EN 13103

Srilaksono, Ryan (2023) Laporan Kerja Praktek 10 Juli-10 November 2023 di PT INKA (Persero) Madiun Analisis Kekuatan Axle pada Kereta Api TMC PPI berdasarkan Standar EN 13103. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038201053-Project_Report.pdf] Text
2038201053-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas analisis kekuatan pada axle kereta api TMC PPI yang menggunakan material baja konstruksi EA4T. Material tersebut memiliki nilai tegangan luluh (Yield Strength) sebesar 420 MPa dan tegangan ultimit (Ultimate Strength) sebesar 650 MPa. Berdasarkan hasil analisis, tegangan terbesar yang diterima oleh axle terjadi pada bagian potongan nomor 6, yang berada di antara "running surface", dengan nilai sebesar 150,56 MPa. Nilai faktor keamanan (Safety Factor) terkecil yang diperoleh adalah 1,6, ditemukan pada bagian potongan nomor 5, 6, dan 7.Hasil ini menunjukkan bahwa desain axle memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan oleh EN 13103, yang mensyaratkan tegangan maksimum yang diizinkan sebesar 200 MPa dan nilai faktor keamanan minimal sebesar 1,33. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa desain axle kereta api TMC PPI aman untuk digunakan dalam kondisi operasional normal tanpa risiko kegagalan struktural atau patah.
============================================================================================================================
This research discusses the strength analysis of the TMC PPI train axle which uses EA4T construction steel material. The material has a yield strength of 420 MPa and an ultimate strength of 650 MPa. Based on the results of the analysis, the largest stress received by the axle occurs in section number 6, which is between the “running surfaces”, with a value of 150.56 MPa. The smallest safety factor value obtained was 1.6, found in section numbers 5, 6, and 7. These results show that the axle design meets the safety standards set by EN 13103, which requires a maximum permissible stress of 200 MPa and a minimum safety factor value of 1.33. Therefore, it can be concluded that the TMC PPI train axle design is safe to use under normal operational conditions without the risk of structural failure or fracture.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Axle Box, Analisis Kekuatan, Standar EN 13013 Axle Box, Strength Analysis, EN 13013 Standard
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: RYAN SRILAKSONO
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:19
Last Modified: 25 Jul 2024 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108923

Actions (login required)

View Item View Item