Desain Interior Lobby Hotel Mercure Convention Center Ancol dengan Konsep Eco-Tourism untuk Memaksimalkan Well-Being Pengunjung

Patricia, Hany (2024) Desain Interior Lobby Hotel Mercure Convention Center Ancol dengan Konsep Eco-Tourism untuk Memaksimalkan Well-Being Pengunjung. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5029201070-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5029201070-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu objek wisata utama yang dimiliki oleh DKI Jakarta. Ancol yang terletak di Jakarta Utara ini menjadi objek yang terkenal karena beragamnya wisata yang ditawarkan dalam satu kawasan. Beberapa unit rekreasi terbesar di Ancol, antara lain adalah Dunia Fantasi, Samudra Atlantis Water Adventures, Sea World Ancol, Pasar Seni Ancol, dan Eco Park. Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2022, Taman Impian Jaya Ancol merupakan objek wisata unggulan yang dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi Ancol untuk rekreasi, menginap dan berkumpul bersama. Tingginya minat dari wisatawan lokal maupun mancanegara membuat pengelola industri wisata di Ancol termasuk perhotelan terpacu untuk mengembangkan obejk wisatanya. Namun, pada saat pandemi berlangsung, jumlah kunjungan Ancol hanya 2,35 juta pada tahun 2020 dan 3,2 juta pada tahun 2021. Perbandingan ini cukup drastis dan signifikan dengan jumlah kunjungan rata–rata 13 juta per tahun dalam 7 tahun terakhir. Kondisi ini membuat Taman Impian Jaya Ancol mulai merintis kembali jumlah kunjungan wisatawan setelah jauh terjatuh pada pandemi COVID-19. Pandemi yang telah berlalu ini tentunya memberikan kebiasaan baru bagi masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah. Kebiasaan pasca pandemi ini membawa industri perhotelan untuk mau berkembang dalam meningkatkan fasilitas mereka demi menunjang kenyamanan pengunjung. Salah satu Hotel terbesar di Kawasan Ancol adalah Hotel Mercure Ancol. Hotel bintang 4 yang sudah berdiri dari tahun 2005 ini kerap dikunjungi oleh keluarga maupun pebisnis. Berkembangnya zaman mewajibkan Hotel Mercure harus terus berkembang mengikuti ketertarikan dan kebutuhan pengunjung. Konsep eco-tourism merupakan konsep yang tepat untuk dikembangkan di Hotel Mercure Ancol. Konsep ini diaplikasikan pada desain interior sebagai daya tarik baru untuk wisatawan mancanegara. Implementasi konsep ini adalah melalui elemen desain seperti pengembangan identitas laut, penggunaan material daur ulang, pencahayaan alami, pengenalan kebiasaan lingkungan sekitar dan juga memaksimalkan well being pengunjung dengan pengalaman tak terlupakan dalam menginap di Hotel Mercure Ancol.
=================================================================================================================================
Taman Impian Jaya Ancol is one of the main tourist attractions owned by the Special Capital Region of Jakarta. Ancol, located in North Jakarta, is famous for the variety of attractions offered within one area. Some of the largest recreation units in Ancol include Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventures, Sea World Ancol, Pasar Seni Ancol, and Eco Park. According to the Central Statistics Agency in 2022, Taman Impian Jaya Ancol is a leading tourist attraction visited by international tourists. Many international tourists visit Ancol for recreation, to stay, and to gather with others. The high interest from both local and international tourists drives the tourism industry in Ancol, including hotels, to further develop their attractions.However, during the pandemic, Ancol’s number of visits dropped to 2.35 million in 2020 and 3.2 million in 2021. This is a significant and drastic decrease compared to the average number of 13 million visits per year over the past seven years. This situation has led Taman Impian Jaya Ancol to start rebuilding its visitor numbers after the sharp decline during the COVID-19 pandemic. The post-pandemic period has introduced new habits for people engaging in outdoor activities. These post-pandemic habits encourage the hospitality industry to develop and improve their facilities to ensure visitor comfort.One of the largest hotels in the Ancol area is Hotel Mercure Ancol. This four-star hotel, established in 2005, is frequently visited by families and business people. As times change, Hotel Mercure must continue to evolve to meet the interests and needs of its guests. The concept of eco-tourism is an appropriate concept to be developed at Hotel Mercure Ancol. This concept is applied to the interior design as a new attraction for international tourists. The implementation of this concept involves design elements such as the development of a marine identity, the use of natural materials, natural lighting, the introduction of local environmental habits, and maximizing the well-being of guests with an unforgettable experience during their stay at Hotel Mercure Ancol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ancol, Eco-tourism, Well being, Ancol, Ekowisata, Kesejahteraan
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hany Patricia
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:49
Last Modified: 24 Jul 2024 07:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108970

Actions (login required)

View Item View Item