Karakteristik Pembakaran Biomassa Limbah Kelapa Sawit Dari Aspek Slagging-Fouling Menggunakan Drop Tube Furnace

Kuswa, Fairuz Milkiy (2024) Karakteristik Pembakaran Biomassa Limbah Kelapa Sawit Dari Aspek Slagging-Fouling Menggunakan Drop Tube Furnace. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6007221028-Master_Thesis.pdf] Text
6007221028-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Biomassa adalah solusi green energy alternatif untuk dekarbonisasi pembangkit listrik tenaga batubara yang masif digunakan di beberapa negara akibat krisis energi dunia. Limbah kelapa sawit merupakan salah satu jenis biomassa yang memiliki potensi tinggi karena ketersediaanya yang cukup besar di daerah tropis seperti Indonesia.
Namun demikian, pembakaran biomassa masih menimbulkan beberapa masalah pada boiler seperti slagging dan fouling karena kandungan klorin dan logam alkali yang tinggi. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi risiko slagging dan fouling dari biomassa kelapa sawit pada setiap bagian seperti tandan kosong, cangkang, serabut, pelepah, daun, dan batang sawit. Pencampuran antar biomassa sawit dan juga batubara dilakukan untuk mengetahui lebih jauh pengaruh dari pencampuran terhadap risiko slagging-fouling yang dihasilkan.
Investigasi dilakukan menggunakan pembakaran skala laboratorium berupa drop tube furnace yang kemudian dilanjutkan dengan analisis mendalam pada abu dengan mengamati morfologi, elemen, dan mineral yang dihasilkan ketika pembakaran. Bagian biomassa kelapa sawit yang memiliki risiko slagging dan fouling yang paling rendah adalah cangkang sawit (palm kernel shell, PKS) dengan nilai kalor yang cukup tinggi mencapai 5029 kcal/kg (dry-basis), memiliki kandungan klorin yang rendah sebesar 161 ppm, dan hasil pengamatan probe yang relatif bersih. Sedangkan risiko yang paling tinggi dimiliki batang sawit (palm stem, STM), dengan kandungan klorin yang sangat tinggi mencapai 4028 ppm dan nilai kalor yang relatif rendah sebesar 4071 kcal/kg (dry-basis). Hasil pencampuran pada biomassa sawit dan batubara juga efektif menghasilkan risiko slagging-fouling yang rendah pada campuran biomassa sawit berbasis serabut dan cangkang sawit dengan komposisi batubara 75% dan biomassa 25%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: biomassa, kelapa sawit, drop tube furnace, slagging-fouling
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ254.7 Combustion chambers
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ263.5 Boilers (general)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fairuz Milkiy Kuswa
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:27
Last Modified: 26 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108971

Actions (login required)

View Item View Item