Analisis Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar Kapal Jambo X pada Kondisi Autocontrol Trajectory di Lintasan Ketapang-Lembar dengan Gangguan Gelombong dan Arus Laut Berbasis Sistem Logika Fuzzy

Aulia, Nafila Rizky (2024) Analisis Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar Kapal Jambo X pada Kondisi Autocontrol Trajectory di Lintasan Ketapang-Lembar dengan Gangguan Gelombong dan Arus Laut Berbasis Sistem Logika Fuzzy. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5009201160-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5009201160-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan emisi karbondioksida yang diakibatkan oleh aktivas pelayaran transportasi laut terus meningkat setiap tahun, emisi karbodioksida dihasilkan dari penggunaan bahan bakar kapal saat melakukan proses berlayar. Dengan demikian, perlu dilakukannya efektivitas penggunaan bahan bakar kapal. Salah satu kapal yang aktif melakukan pelayaran adalah kapal ro-ro. Kapal Jambo X merupakan salah satu jenis kapal ro-ro yang direncanakan berlayar melalui jalur yang dimulai dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Lembar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui efesiensi penggunaan bahan bakar pada dua jalur, yaitu jalur Utara dan jalur Selatan dari perencanaan pelayaran dengan menggunakan data gangguan gelombang dan arus, pada jalur Utara tinggi gelombang 1 meter dan arus dengan kecepatan 0.9 m/s, sedangkan pada jalur Selatan gangguan berupa gelombang setingggi 2 meter dan arus dengan kecepatan 1 m/s. Penelitian ini menggunakan sistem logika fuzzy tipe Mamdani. Pengujian pada peneitian ini dilakukan dengan menggunakan software MATLAB. Hasil uji yang didapatkan secara close loop telah memenuhi standar (International Maritime Organization), yaitu bernilai 8.39° dan 5.37°. Penggunaan bahan bakar pada trayektori kapal tanpa gangguan jalur Utara sebesar 1.82 ton dan jalur Selatan 2.09 ton, sedangkan trayektori kapal dengan gangguan pada jalur Utara sebesar 1.93 ton dan jalur Selatan sebesar 2.11 ton. Dari hasil perhitungan dan analisis pada penggunaan bahan bakar pada Kapal Jambo X di jalur Utara dan jalur Selatan, jalur yang lebih aman baik pada kondisi lingkungan dan efektifitas penggunaan bahan bakar nya adalah Jalur Utara Pulau Bali.
=====================================================================================================================================
The increase in carbon dioxide emissions caused by sea transportation shipping activities continues to increase every year, carbodioxide emissions are produced from the use of ship fuel during the sailing process. Thus, it is necessary to do the effectiveness of using ship fuel. One of the ships that actively cruises is the ro-ro ship. The Jambo X ship is one type of ro-ro ship that is planned to sail through the route starting from Ketapang Port to Lembar Port. This research was carried out to determine the efficiency of fuel use on two lines, namely the North line and the South line from shipping planning using the interference data that will be received. This research uses a Mamdani-type fuzzy logic system. Testing on this research is carried out using MATLAB software. The disturbances used on the North line are waves with a height of 1 metre and currents with a speed of 0.9 m/s, while on the South line disturbances are in the form of waves as high as 2 metres and currents with a speed of 1 m/s. The test results obtained by close loop have met the IMO standae, which are worth 8.39° and 5.37°. The use of fuel in the ship's route without disruption of the North line is 1.82 tons and the South line is 2.09 tons, while the ship's route with the height of wave interference and sea current on the North line is 1.93 tons and the South line is 2.11 tons. From the results of calculations and analysis on the use of fuel on the Jambo X Ship on the North and South lines, the safer route both in environmental conditions and the effectiveness of fuel use is the North Route of Bali Island.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Trajectory, Fuzzy, Bahan Bakar, Gelombang, Arus; Trajectory, Fuzzy Logic System, Fuel Oil, Waves, Current.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nafila Rizky Aulia
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:55
Last Modified: 26 Jul 2024 08:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109156

Actions (login required)

View Item View Item