Perancangan Sistem Kendali Auto Trajectory di Perairan Laut Jawa pada Kapal Kargo Berbasis Logika Fuzzy dalam Kondisi Gangguan Lingkungan

Putri Athirah, Nadya Sevi (2024) Perancangan Sistem Kendali Auto Trajectory di Perairan Laut Jawa pada Kapal Kargo Berbasis Logika Fuzzy dalam Kondisi Gangguan Lingkungan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopembeer.

[thumbnail of 5009201180-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5009201180-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang kelautan menuntut peningkatan sistem kendali pada kapal untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi pelayaran. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah gangguan arus laut yang dapat memengaruhi navigasi kapal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem kendali auto trajectory berbasis logika fuzzy pada kapal Meratus Malino sebagai upaya antisipasi terhadap gangguan arus laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pemodelan sistem logika fuzzy untuk mengimplementasikan sistem kendali yang dapat secara adaptif menyesuaikan trajectory kapal dengan kondisi arus laut yang bervariasi. Data arus laut dari lokasi pelayaran kapal akan diintegrasikan ke dalam sistem kendali fuzzy untuk menghasilkan keputusan yang tepat terkait perubahan trajectory yang diperlukan. Setelah dilakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa Sistem kendali logika fuzzy hasil rancangan mampu memenuhi performansi yang diharapkan sesuai dengan standar IMO, dimana memiliki overshoot kurang dari 10° dan 25° untuk masing-masing set point 10° dan 20° yaitu sebesar 3,1351º dan 3,6034º. Performansi sistem kendali trajectory menghasilkan nilai error rata-rata sebesar 51,23 meter untuk uji lintasan tanpa gangguan, dimana nilai tersebut memenuhi kriteria yaitu 0,5Lpp. Saat terjadi gangguan, performansi sistem kendali trajectory menghasilkan nilai error rata-rata sebesar 264,66 meter, dimana hal tersebut tidak disarankan dalam melakukan pelayaran dikarenakan dapat terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi kendali kapal yang adaptif dan efektif dalam menghadapi kondisi laut yang dinamis. Selain itu, implementasi logika fuzzy dapat dijadikan dasar untuk pengembangan sistem kendali yang lebih kompleks pada kapal-kapal di masa depan.
====================================================================================================================================
The development of technology in the marine field demands improved control systems on ships to increase the safety and efficiency of shipping. One of the challenges faced is the disturbance of ocean currents that can affect ship navigation. This research aims to design a fuzzy logic-based auto trajectory control system on the Meratus Malino ship as an effort to anticipate sea current disturbances. The method used in this research involves modeling a fuzzy logic system to implement a control system that can adaptively adjust the ship's trajectory to varying ocean current conditions. Ocean current data from the ship's cruise location will be integrated into the fuzzy control system to produce the right decision regarding the required trajectory changes. After testing, it can be concluded that the designed fuzzy logic control system is able to meet the expected performance in accordance with IMO standards, which has an overshoot of less than 10° and 25° for each set point of 10° and 20°, which is 3,1351º and 3,6034º. The trajectory control system performance produces an average error value of 51,23 meters for the trajectory test without disturbance, where the value meets the criteria of 0,5Lpp. When a disturbance occurs, the performance of the trajectory control system produces an average error value of 264,66 meters, which is not recommended in shipping because unwanted accidents can occur. This research is expected to be a significant contribution in the development of ship control technology that is adaptive and effective in dealing with dynamic sea conditions. In addition, the implementation of fuzzy logic can be used as a basis for the development of more complex control systems on ships in the future.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Auto Trajectory, Sistem Kendali, Sistem Logika Fuzzy, Auto Trajectory, Control System, Fuzzy Logic System
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nadya Sevi Athirah Putri
Date Deposited: 28 Jul 2024 12:40
Last Modified: 28 Jul 2024 12:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109157

Actions (login required)

View Item View Item