Analisi Perubahan Pola Arus Dan Laju Sedimentasi Akibat Penambahan Panjang Dan Lebar Pada Dermaga Internasional PT. Terminal Petikemas Surabaya

Hidayah, Aliefia Prisa Nur (2024) Analisi Perubahan Pola Arus Dan Laju Sedimentasi Akibat Penambahan Panjang Dan Lebar Pada Dermaga Internasional PT. Terminal Petikemas Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5020201047_Aliefia Prisa_Tugas Akhir_MyThesis_compressed.pdf] Text
5020201047_Aliefia Prisa_Tugas Akhir_MyThesis_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi menyebabkan kebutuhan logistik yang tinggi pula. Hal ini berkaitan dengan supply dan demand yang berada pada masyarakat. Wilayah Indonesia sebagian besar perairan sehingga untuk kegiatan perekonomian dapat dihubungkan dengan Pelabuhan. Menghadapi kenaikan permintaan kebutuhan pada Masyarakat Indonesia saat ini. Maka beberapa pelabuhan di Indonesia melakukan penambah fasilitas demi memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Dalam upayanya sesuai dengan Rencana Induk Perencanaan Pelabuhan (RIP) Nomor KM 22 Tahun 2021 tentang Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Perak dan Sekitarnya Secara Terintegrasi Provinsi Jawa Timur yang diterbitkan oleh Kementrian Perhubungan. Yang menyatakan rencana pengembangan Pelabuhan Terminal Petikemas Surabaya yang nantinya memiliki kedalaman hingga -14 LWS. Lalu pada dermaga internasional dibangun sejauh 300 m ke arah barat, sehingga total dermaga internasional menjadi 1.300 m. Dan pelebaran dermaga internasional selebar 30 m, sehingga total lebar dermaga internasional menjadi 80 m. Oleh karena itu, diperlukan kajian yang lebih mendalam mengenai pola arus dan sedimentasi didaerah sekitar dermaga internasional pada kondisi sebelum penambahan panjang dan lebar (eksiting) dan sesudah dilakukanya kegiatan tersebut dengan menggunakan bantuan software Delft3D. Kondisi pola arus pada dermaga internasional PT.Terminal Petikemas Surabaya setelah ditambahkan panjang dan lebar memiliki pola arus saat pasang dominan kearah barat dengan kecepatan arus 13.10 m/s. Dan saat surut memiliki arah dominan utara dan sedikit kembali menuju arah dermaga dengan kecepatan arus 0.27 m/s. Sedangkan sedimentasi pada kondisi setelah ditambah panjang dan lebar sebesar 7805.79 m3 dengan laju sedimentasi sebesar 0.83 m3. Penumpukan sedimentasi sendiri terlihat pada bagian ujung dermaga
====================================================================================================================================
High economic growth causes high logistics needs as well. This is related to supply and demand in society. Most of Indonesia's territory is water, so economic activities can be connected to ports. Facing the increasing demand for needs in Indonesian society today. So several ports in Indonesia are adding facilities to meet the necessary needs. In its efforts in accordance with the Port Planning Master Plan (RIP) Number KM 22 of 2021 concerning the Integrated Master Plan for the Port of Tanjung Perak and its Surroundings in East Java Province, published by the Ministry of Transportation. Which states plans to develop the Surabaya Container Terminal Port which will have a depth of up to -14 LWS. Then the international pier was built 300 m to the west, bringing the total international pier to 1,300 m. And the widening of the international pier to a width of 30 m, bringing the total width of the international pier to 80 m. Therefore, a more in-depth study is needed regarding current patterns and sedimentation in the area around the international pier in conditions before the addition of length and width (exiting) and after carrying out these activities using the help of Delft3D software. The condition of the current pattern at the international pier of PT. Terminal Petikemas Surabaya after adding the length and width has a dominant current pattern at high tide towards the west with a current speed of 13.10 m/s. And at low tide it has a dominant direction north and slightly back towards the pier with a current speed of 0.27 m/s. Meanwhile, sedimentation in conditions after adding length and width was 7805.79 m3 with a sedimentation rate of 0.83 m3. The accumulation of sedimentation itself can be seen at the end of the pier

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola Arus, Sedimentasi, Delft3D; Pattern of current, Sedimentation, Delft3D
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC175.2 Sediment transport
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aliefia Prisa Nur Hidayah
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:50
Last Modified: 29 Jul 2024 01:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109177

Actions (login required)

View Item View Item