Mechanical Engineer in Developing Digital Transformation and Industry 4.0

Mubaroq, Alif (2024) Mechanical Engineer in Developing Digital Transformation and Industry 4.0. Project Report. [s.n.], [s.l.].

[thumbnail of 2038201048-Project_Report.pdf] Text
2038201048-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di Indonesia menyebabkan perlunya peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut, perguruan tinggi yang merupakan tempat penghasil sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian mandiri, dan memiliki kemampuan intelektual sangat terpanggil untuk selalu meningkatkan mutu dari lulusannya. Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berupaya untuk megembangkan sumber daya manusia dan IPTEK guna menunjang perkembangan teknologi adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Sejalan dengan hal tersebut, pentingnya peningkatan kerja sama dengan industri maupun riset yang dapat dilakukan guna memperluas jalannya kerja praktik, magang, studi ekskursi, dan lain sebagainya. Wawasan mahasiswa terkait teori dengan ilmu di lapangan sangat diperlukan sebagai alat/bekal dalam pengembangan teknologi. Kebijakan link and match yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional merupakan upaya dari pemerintah untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi dengan dunia kerja/industri. Magang industri merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur Departemen Teknik Mesin Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang hal-hal yang terjadi pada dunia industri. Pemahaman tentang permasalahan di dunia kerja akan membentuk kolaborasi dengan teori yang didapat selama perkuliahan. Salah latu langkah yang bisa diikuti oleh mahasiswa adalah dengan mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program yang berada dibawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti-Ristek) Indonesia ini, memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Selain itu, kesempatan yang diberikan pada program magang yang disediakan juga tidak terbatas, mahasiswa dapat memilih program dan mitra dari berbagai bidang.
Sebagai salah satu mitra dari program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, PT Stechoq Robotika Indonesia menawarkan mahasiswa untuk menjalankan program magang bersertifikat yang berupa pengerjaan proyek riil selama periode magang dari salah satu bidang yang ditekuni oleh perusahaan. Terdapat lima bidang riset berbeda yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mahasiswa, yaitu bidang riset produk otomasi industri, produk industri alat kesehatan, produk industri pendidikan, produk industri peternakan dan produk digital teknologi. Setiap bidang riset akan diberikan proyek yang sudah ditentukan berdasarkan standarisasi yang telah ditetapkan perusahaan. Perusahaan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinovasi dengan tema proyek yang diberikan sesuai batasan yang berlaku.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Self Checkout machine, Industri 4.0, Mechanical Engineer
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: ALIF MUBAROQ
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:03
Last Modified: 26 Jul 2024 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109216

Actions (login required)

View Item View Item