Perencanaan Sistem Pemeliharaan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance pada Jalur Produksi 5A Line PT. Astra Daihatsu Motor

Rahman Fairuzzi, Muhammad Audy (2023) Perencanaan Sistem Pemeliharaan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance pada Jalur Produksi 5A Line PT. Astra Daihatsu Motor. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038201018_Project_Report.pdf] Text
2038201018_Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

endidikan memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan dan kecakapan seseorang dalam memasuki dunia kerja. Sehubungan dengan hal itu, perguruan tinggi sebagai tempat yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan IPTEK. Sejalan akan hal itu perlu adanya suatu kegiatan guna menunjang sumber daya manusia agar lebih maju. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan magang. Kegiatan magang merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester 7 departemen Teknik Mesin Industri ITS yang dilaksanakan selama 4-6 bulan. Kegiatan magang merupakan langkah penting yang seharusnya mahasiswa tempuh agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dan terjun langsung ke dunia kerja. Melalu kegiatan magang, mahasiswa nantinya akan diberikan kesempatan untuk bekerja secara langsung di lingkungan kerja yang sebenarnya dan mengamati proses-prsoses yang ada di industri dengan melibatkan diri mereka dalam berbagai proyek yang riil. Hal ini tentunya akan membantu mahasiwa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapat selama 6 semester berkuliah ke dalam dunia nyata yang mungkin akan dihadapi di lapangan. Selain itu kegiatan magang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat langsung dengan para pekerja yang sudah berpengalaman di dunia industri. Selama magang, mahasiswa akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan yang jarang ditemui di ruang kelas. Nantinya mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan teknis dan praktis yang penting dalam pekerjaan nyata. Dengan rasa syukur, dalam kegiatan Magang Industri kali ini penulis diberi kesempatan untuk melaksanakan magang di PT Astra Daihatsu Motor, Press Plant dan ditempatkan dalam departemen production engineering press machinery. Divisi ini fokus pada pelaksanaan projek tahunan guna mendukung keberlangsungan dan kelancaran kegiatan produksi yang terdapat di press plant. Sebagai salah satu pemain kunci dalam industri otomotif Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, memiliki peran yang krusial dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia dengan menyediakan beragam kendaraan berkualitas, handal, dan terjangkau. Dalam memnuhi permintaan tersebut, kinerja mesin diharapkan mampu memproduksi sesuai permintaan tanpa ada gangguan. Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan system perawatan yang tepat untuk menjaga mesin mampu beroperasi dengan lancer. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui dunia industri otomotif secara langsung dan mengusulkan interval perawatan pemeliharaan pada sistem yang terdapat di press plant.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Manufaktur,pemeliharaan,reliability centered maintenance
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS174 Maintainability (Engineering) . Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Muhammad Audy Rahman Fairuzzi
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:21
Last Modified: 26 Jul 2024 06:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109319

Actions (login required)

View Item View Item