Rancang Bangun Aplikasi Mdgen: Markdown Documentation Generator dengan Konfigurasi CI/CD Dinamis dengan Menggunakan Nextjs

Indrawan, Alfin (2024) Rancang Bangun Aplikasi Mdgen: Markdown Documentation Generator dengan Konfigurasi CI/CD Dinamis dengan Menggunakan Nextjs. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201199-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201199-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Markdown, sebagai format penulisan ringan, telah menjadi pilihan utama dalam menyusun dokumentasi proyek perangkat lunak. Markdown memfasilitasi pengembang dalam menyajikan informasi secara terstruktur dengan kemudahan penggunaan dan keterbacaan yang tinggi. Markdown memungkinkan penambahan elemen formatting seperti judul, teks tebal, dan pranala dengan menggunakan sintaksis yang sederhana. Banyak platform markdown generator yang telah tersedia untuk membantu pengembang dalam menciptakan dokumentasi proyek secara efisien. Sejumlah platform markdown generator, telah menjadi pilihan pengembang dalam menyusun dokumentasi proyek. Kelebihan markdown generator termasuk kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam membuat dokumentasi yang terstruktur. Markdown Generator masih terdapat keterbatasan dalam penyajian informasi sesuai dengan keinginan pengguna, terutama dalam hal pembaruan data secara otomatis terhadap konten markdown.
Penelitian ini mengusulkan solusi inovatif dengan menggabungkan Markdown Documentation Generator dengan fitur Continuous Integration/Continuous Delivery (CI/CD) yang dinamis untuk menyelesaikan masalah keterbatasan pembaruan markdown secara otomatis. Penelitian ini menggunakan workflow yang akan dijalankan oleh Github Action untuk mengubah markdown secara otomatis. Keunggulan penelitian ini terletak pada kemampuan aplikasi untuk secara otomatis memperbarui data yang terhubung dengan repositori Github. Pengguna tidak perlu lagi melakukan pembaruan data secara manual. Pengguna juga dapat menggunakan fitur CI/CD secara mudah dengan petunjuk penggunaan yang diberikan.
Hasil pengujian Tugas Akhir ini menggunakan metode System Usability Scaling (SUS). Didapat rata rata skor SUS bernilai 70,68 (skala 0 - 100) untuk aplikasi ini. Dinyatakan bahwa pengguna puas dan tidak mengalami kesulitan menggunakan aplikasi ini untuk membangun markdown.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CI/CD, Github Action, Markdown Documentation, Markdown Generator, System Usability Scaling, Workflow.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ALFIN INDRAWAN
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:48
Last Modified: 02 Aug 2024 01:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109678

Actions (login required)

View Item View Item