Rancang Bangun Kembali Perangkat Lunak Mobile Clastic Dengan Framework Android Jetpack Compose Dan Design Pattern MVVM

Polandra, Warren Gerald (2024) Rancang Bangun Kembali Perangkat Lunak Mobile Clastic Dengan Framework Android Jetpack Compose Dan Design Pattern MVVM. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201233-Warren-Gerald-Polandra-BukuTA.pdf] Text
5025201233-Warren-Gerald-Polandra-BukuTA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan sampah plastik sudah menjadi permasalahan sejak lama di Indonesia. Salah satu penyebab sulitnya sampah plastik dikelola di Indonesia adalah pemilahan sampah plastik berdasarkan jenisnya. Pemilahan sampah plastik diperlukan agar sampah plastik dapat didistribusikan ke tempat pengelolaan sampah sesuai dengan jenisnya. Pengelolaan sampah plastik yang dapat dilakukan adalah proses daur ulang atau gasifikasi sampah plastik menjadi tenaga listrik. Salah satu cara untuk menyederhanakan alur pengelolaan sampah plastik adalah dengan cara pemilahan sampah plastik rumah tangga dari masyarakat sebelum diproses oleh petugas sampah.
Aplikasi Clastic adalah aplikasi berbasis perangkat bergerak yang dapat mendorong minat masyarakat untuk memilah sampah plastik berdasarkan jenisnya sebelum diserahkan kepada petugas sampah untuk diproses lebih lanjut. Dengan menggunakan metode Gamifikasi pada aplikasi, masyarakat yang menyerahkan sampah plastik yang sudah diklasifikasikan kepada petugas sampah akan mendapatkan imbalan berupa poin sesuai dengan berat sampah plastik yang dikumpulkan. Poin yang diterima kemudian dapat ditukarkan menjadi hadiah menarik berupa voucher potongan harga untuk produk tertentu.
Aplikasi Clastic yang dibangun sebelumnya belum menggunakan design pattern MVVM secara keseluruhan serta belum menerapkan prinsip clean code dan clean architecture. Terdapat juga beberapa fitur yang belum diimplementasikan serta terdapat juga fitur yang belum berhasil untuk memenuhi kebutuhan fungsional yang direncanakan. Dengan melakukan modifikasi fitur serta rekayasa ulang menggunakan modularisasi, prinsip clean code dan clean architecture, aplikasi Clastic yang direkayasa ulang dapat meningkatkan efisiensi dari segi waktu dan memori.

========================================================================================================================
Plastic waste management has been an ongoing problem for a long time in Indonesia. One of the reasons that causes plastic waste is difficult to manage in Indonesia is plastic waste sorting based on its type. Plastic waste needs to be sorted before being distributed to waste management sites according to its type. Plastic waste can be recycled or gasified into electricity. One of the solutions to simplify the flow of plastic waste management is by sorting household plastic waste before being processed by waste officers.
Clastic is a mobile-based application that can encourage people to sort plastic waste based on its type before being handed over to waste officers to be processed further. By using gamification method in the application, people who handed over classified plastic waste to waste officers will receive rewards in the form of points according to the weight of the plastic waste collected. The points received can be exchanged for attractive prizes such as discount vouchers for certain products.
The previously built Clastic application has not used MVVM design pattern thoroughly neither using clean code and clean architecture principle. There are also some features that are not implemented yet into the application and some features that have not exceeded the functional requirement planned previously. By doing some feature modification and software reengineering using modularization, clean code and clean architecture principle, the reengineered Clastic application can increase efficiency in terms of time and memory.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: android, modularisari, modularization, mvvm, plastic waste, reengineering, rekayasa ulang, sampah plastik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Warren Gerald Polandra
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:09
Last Modified: 12 Aug 2024 04:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109742

Actions (login required)

View Item View Item