Perancangan dan Analisis Algoritma Penyandian Pesan Berbasis Metode Kasiski Examination: Studi Kasus SPOJ 20 CRYPTO4

Aswaroh, Zunia (2024) Perancangan dan Analisis Algoritma Penyandian Pesan Berbasis Metode Kasiski Examination: Studi Kasus SPOJ 20 CRYPTO4. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201058-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, keamanan data menjadi semakin krusial. Hal ini dapat memicu terjadinya kebocoran data. Salah satu proses yang dapat dilakukan dalam melindungi pengamanan sebuah data adalah kriptografi. Pada Tugas akhir ini mengangkat sebuah permasalahan pada situs SPOJ Sphere Online Judge yang berjudul The Bytelandian Cryptographer (Act IV). Dimana terdapat suatu kata sandi kriptografi yang sudah terenkripsi (masing – masing plaintext dan chipertext) namun pecahan pesan dari keduanya mengalami kerusakan dan hilang secara tidak sengaja. Pesan yang hilang tidak disengaja mengacu pada kehilangan sebagian data yang tidak direncanakan atau diantisipasi, situasi di mana bagian dari pesan asli (plaintext) dan pesan terenkripsi (ciphertext) telah rusak atau hilang selama proses transmisi atau penyimpanan. Ini berarti ada fragmen atau segmen dari pesan yang tidak lagi tersedia atau tidak terbaca, yang menyebabkan informasi menjadi tidak lengkap. Sebagai contoh, jika pesan asli adalah "HELLO" dan bagian dari pesan ini hilang, mungkin hanya memiliki fragmen seperti "H*L*O" di mana karakter yang hilang dilambangkan dengan bintang. Oleh karena itu diperlukan untuk mendapatkan sebuah pesan plaintext sebanyak mungkin untuk memulihkan informasi yang hilang tersebut. Pesan tersebut ditulis menggunakan 26 karakter huruf besar alfabet dari A sampai dengan Z dan ditafsirkan sebagai bilangan bulat dari 0 sampai 25. Dalam Tugas Akhir ini, akan dilakukan analisis dan implementasi solusi permasalahan tersebut.
Untuk menyelesaikan permasalahan ini dari pesan yang hilang diberikan batas kunci untuk merekontruksi pesan. Hal ini diperlukan untuk mencari panjang kunci dengan cara menerapkan kombinasi Vigenere Chiper dan Shift Chiper dengan menggunakan perhitungan modular aritmatika dan teknik Kasiski Examination. Penelitian ini berfokus pada skenario dimana menggunakan fragmen pesan yang tersisa, baik dalam bentuk plaintext maupun chipertext dengan mendapatkan waktu optimasi yang lebih efisien. Melalui pendekatan ini, dapat memanfaatkan teknik analisis kriptografi dan implementasi solusi untuk menyelesaikan tugas akhir ini.
Permasalahan ini juga merupakan pengembangan dari algoritma yang sebelumnya dibahas oleh Freddy (2018) dengan topik yang sama, di mana metode yang digunakan adalah Kasiski Examination, dan mendapatkan hasil rata-rata waktu 7,16 detik serta penggunaan memori rata-rata sebesar 10,78 MB. Berdasarkan hasil uji coba penelitian saat ini pada studi kasus yang diberikan, menggunakan metode kombinasi Vigenere Cipher dan Shift Cipher untuk menyelesaikan studi kasus tersebut, dengan hasil rata-rata waktu yang didapatkan adalah 6,23 detik dan rata-rata memori 9,9 MB. Sehingga hasil dari penelitian saat ini menunjukkan perbaikan yang signifikan dibandingkan dengan penelitian sebelumnya dengan solusi yang lebih efisien.
=====================================================================================================
With the rapid development of information and communication technology, data security is becoming increasingly crucial. This can trigger data breaches. One process that can be undertaken to protect data security is cryptography. This thesis addresses a problem on the SPOJ Sphere Online Judge site titled The Bytelandian Cryptographer (Act IV). In this problem, there is a cryptographic password that has been encrypted (both plaintext and ciphertext), but fragments of the messages have been accidentally damaged and lost. Accidental message loss refers to the unplanned or unanticipated loss of partial data, where parts of the original message (plaintext) and the encrypted message (ciphertext) have been damaged or lost during transmission or storage. This means that there are fragments or segments of the message that are no longer available or readable, causing the information to be incomplete. For example, if the original message is "HELLO" and part of the message is lost, you might only have a fragment like "H*L*O" where the missing characters are represented by asterisks. Therefore, it is necessary to obtain as much plaintext as possible to recover the lost information. This message is written using 26 uppercase alphabetic characters from A to Z and interpreted as integers from 0 to 25. This thesis will analyze and implement solutions to this problem.
To address the problem of the lost messages, key constraints are provided to reconstruct the message. This requires finding the key length by applying a combination of the Vigenere Cipher and Shift Cipher using modular arithmetic calculations and the Kasiski Examination technique. This research focuses on scenarios where the remaining message fragments, both in plaintext and ciphertext, are used to achieve more efficient optimization times. Through this approach, cryptographic analysis techniques and solution implementation can be utilized to solve this thesis problem.
This problem is also a development of the algorithm previously discussed by Freddy (2018) with the same topic, where the method used was the Kasiski Examination, achieving an average time of 7.16 seconds and an average memory usage of 10.78 MB. Based on the current research trial results on the given case study, using a combination of Vigenere Cipher and Shift Cipher methods to solve the case study, the average time obtained is 6.23 seconds and the average memory usage is 9.9 MB. Therefore, the results of the current research show a pemosignificant improvement compared to previous research with a more efficient solution.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Vinegere Chipher, Shift Chiper, Modular Arithmetic, Vinegere Chipher, Shift Chiper, Modular Aritmatika.
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.A25 Computer security. Digital forensic. Data encryption (Computer science)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zunia Aswaroh
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:55
Last Modified: 02 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109796

Actions (login required)

View Item View Item