Analisis Persebaran Karbon Monoksida (CO) Terhadap Faktor Sosial, Perkotaan, Dan Transportasi Di Kota Surabaya Dan Mojokerto

Yusuf, Devika Rahma Damayanti (2023) Analisis Persebaran Karbon Monoksida (CO) Terhadap Faktor Sosial, Perkotaan, Dan Transportasi Di Kota Surabaya Dan Mojokerto. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 6016231010-Master_Thesis.pdf] Text
6016231010-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Karbon Monoksida (CO) merupakan salah satu gas pencemar udara yang merugikan bagi manusia maupun lingkungan. Terdapat berbagai sumber dari peningkatan CO di udara mulai dari pemakaian bahan bakar fosil (seperti minyak, dan batubara) pada mesin – mesin penggerak transportasi, pembakaran dari industri, dan lain sebagainya. Upaya untuk pencegahan peningkatan CO, antara lain melalui pemanfaatan informasi geospasial untuk mengetahui persebarannya dan mendukung pengambilan keputusan dalam pengurangan CO. Pemantauan persebaran CO dapat dilakukan tanpa harus terjun ke lapangan, yaitu dengan memanfaatkan citra satelit Sentinel-5P, dan dapat pula dengan menggunakan algoritma Somvanshi pada citra Landsat 8 OLI/TIRS. Pengolahan citra satelit dilakukan dengan Google Earth Engine yang dilakukan secara temporal. Studi penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Mojokerto yang terletak di Provinsi Jawa Timur untuk tahun 2018 – 2023. Beberapa kota tersebut dipilih karena memiliki karakteristik sosial dan geografis yang berbeda sehingga konsentrasi CO yang dihasilkan pun berbeda. Persebaran CO dari Sentinel-5P berbeda dengan citra Landsat 8 OLI/TIRS. Hal tersebut karena Landsat 8 OLI/TIRS menghitung estimasi CO dari hasil pemodelan regresi linier berganda dari data lapangan. Sedangkan Sentinel-5P memiliki instrumen khusus untuk memantau CO. Dilakukan korelasi Pearson untuk mengetahui bagaimana hubungan CO Sentinel-5P dengan CO dari Landsat 8 OLI/TIRS dan dihasilkan di Kota Surabaya bernilai negatif dengan nilai tertinggi pada tahun 2022 yaitu -0,6303. Sedangkan korelasi di Kota dan Kabupaten Mojokerto menghasilkan korelasi positif tertinggi kuat dengan nilai 0,7140.
Berdasarkan informasi spasial persebaran CO dari Sentinel-5P, dilakukan uji korelasi Pearson pada hasil persebaran CO per-tahun dengan faktor sosial yaitu kepadatan penduduk, faktor perkotaan yang didapatkan dari pola bangunan dengan indeks Normalized Difference Built-up Index (NDBI) serta vegetasi dengan indeks Normalized Difference Vegetation Index (NDVI), dan faktor transportasi yaitu jumlah kendaraan bermotor. Dihasilkan uji korelasi yang bervariasi pada tiap kota/kabupaten. Pada faktor sosial, korelasi tertinggi berada di Kabupaten Mojokerto dengan nilai 0,7329 pada tahun 2023. Hal tersebut menandakan meningkatnya kepadatan penduduk mempengaruhi peningkatan konsentrasi CO. Pola perkotaan kepadatan bangunan dari NDBI menghasilkan korelasi tertinggi di Kota Surabaya dengan nilai 0,6868 pada tahun 2022. Hal tersebut menandakan semakin padat bangunan akan mempengaruhi peningkatan CO. Sedangkan kerapatan vegetasi dari NDVI menghasilkan korelasi tertinggi di Kota dan Kabupaten Mojokerto dengan nilai -0,5706 pada tahun 2018. Hal tersebut dikarenakan semakin luas vegetasi dapat mereduksi CO lebih baik. Faktor transportasi menghasilkan korelasi tertinggi di Kabupaten Mojokerto dengan nilai 0,6774. Hal tersebut menandakan peningkatan jumlah kendaraan dapat mempengaruhi peningkatan CO.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karbon Monoksida, Sentinel-5P, Google Earth Engine Carbon Monoxide, Sentinel-5P, Google Earth Engine
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.217 Geospatial data
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.5.I4 Remote sensing
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Geomatics Engineering > 29101-(S2) Master Theses
Depositing User: Devika Rahma Damayanti Yusuf
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:14
Last Modified: 31 Jul 2024 05:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110029

Actions (login required)

View Item View Item