Otomatisasi Pembuatan Storyboard Video Tutorial Dengan Menggunakan ChatGPT Pada Website Pelatihan Vokasi

Roviery, Nathanael (2024) Otomatisasi Pembuatan Storyboard Video Tutorial Dengan Menggunakan ChatGPT Pada Website Pelatihan Vokasi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201258-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201258-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi Generative Artificial Intelligence telah membawa dampak signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah penggunaan ChatGPT, aplikasi Artificial Intelligence berbasis teks yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka dengan cepat berdasarkan data yang tersedia. Meskipun demikian, para pengajar vokasi masih menghadapi tantangan dalam memanfaatkan ChatGPT untuk menjalankan tugas mereka.
Tugas Akhir ini bertujuan untuk membantu pengajar vokasi dalam pembuatan storyboard video tutorial dengan berfokus pada pengembangan prompt yang akan digunakan dalam ChatGPT. Prompt ini akan dirancang dengan struktur yang meliputi konteks, tugas, instruksi, dan evaluasi untuk menghasilkan naskah yang merupakan salah satu tahapan dalam pembuatan video tutorial. Website yang dikembangkan sebagai bagian dari tugas akhir ini akan memfasilitasi akses pengajar vokasi ke prompt yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan menyediakan fitur-fitur lainnya yang memudahkan pengajar dalam proses pembuatan video tutorial secara efektif.
Hasil dari penggunaan prompt tersebut berhasil mengotomatisasi tiga dari enam tahapan pembuatan video tutorial. Tahapan-tahapan berhasil diotomatisasi antara lain penyusunan naskah, pencarian aset, dan pengeditan video. Proses otomatisasi tahapan-tahapan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan platform ChatGPT dan Pictory. Dengan demikian, tugas akhir ini dapat membantu para pengajar dalam pembuatan storyboard video tutorial dengan menggunakan ChatGPT.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Website, ChatGPT, Prompt, Video Tutorial, Storyboard, ChatGPT, Prompt, Storyboard, Video Tutorial, Website Application.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nathanael Roviery
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:37
Last Modified: 02 Aug 2024 01:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110270

Actions (login required)

View Item View Item