Modifikasi Perencanaan Jembatan Kali Legi Kabupaten Blitar Menggunakan Jembatan Busur Rangka

Odaka, Ida Bagus Gangga (2024) Modifikasi Perencanaan Jembatan Kali Legi Kabupaten Blitar Menggunakan Jembatan Busur Rangka. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201005-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201005-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi Jembatan Kali Legi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dengan menggunakan konstruksi rangka baja berbentuk busur. Latar belakang penelitian ini menekankan pentingnya infrastruktur jembatan sebagai bagian dari konektivitas transportasi antarwilayah. Jembatan Kali Legi, yang merupakan jalur vital antara Blitar dan Malang, membutuhkan pembaruan desain untuk meningkatkan efisiensi struktural dan keunikan visual. Metode pengerjaan melibatkan langkah-langkah preliminari design hingga penggambaran hasil perencanaan. Analisis gaya menggunakan perangkat lunak SAP2000. Dengan menggunakan desain rangka baja berbentuk busur, diharapkan dapat menghasilkan jembatan yang lebih efisien dan ikonik. Dengan kondisi jembatan eksisting sepanjang 325 meter dengan kebutuhan pilar sebanyak 6 buah maka muncul pemikiran untuk memodifikasi menjadi jembatan konstruksi busur rangka baja untuk menghindari kebutuhan pilar yang banyak. Jembatan dengan konstruksi busur rangka baja dipilih karena dinilai lebih efisien dan ikonik untuk jembatan pada kategori bentang panjang. Penelitian ini menyajikan hasil perancangan sebuah jembatan dengan beberapa parameter teknis utama. Desain awal (preliminary design) mencakup tinggi busur sebesar 35 meter, panjang segmen 9,5 meter, tinggi penampang busur 6 meter, dan lebar jembatan 12 meter. Plat lantai memiliki ketebalan 200 mm dengan tulangan lapangan berdiameter 16 mm dan tulangan tumpuan berdiameter 12 mm. Gelagar memanjang menggunakan profil WF 588.300.12.20, sementara gelagar melintang menggunakan profil WF 1100.450.16.38. Penampang kabel Mcalloy 520 Bar System M85 dengan diameter 82 mm mampu menahan beban meskipun satu kabel putus di tengah. Rekapitulasi profil rangka utama menunjukkan bahwa desain memenuhi syarat stabilitas aerodinamis dengan frekuensi alami fb = 0,976 Hz dan ft = 2,659 Hz, menghasilkan rasio ft/fb = 2,72 yang lebih besar dari mathifat = 2,5. Analisis vortex shedding menunjukkan jembatan berada dalam zona A (Acceptable) berdasarkan Grafik Kontrol Keamanan Fisiologis Berdasarkan Amplitudo Osilasi. Efek flutter menunjukkan bahwa kecepatan kritis teoritis dengan faktor koreksi η = 0,6 dan α = 6 derajat sebesar 53,0378 m/s lebih tinggi dari kecepatan desain sebesar 37 m/s. Profil yang dihitung tetap memenuhi syarat dari pengendalian segmen batang selama Analisis Staging, memastikan bahwa desain ini layak untuk implementasi di lapangan.
==============================================================================================================================
This study aims to modificate the Kali Legi Bridge in Blitar Regency, East Java, using a bow-shaped steel frame construction. The background of this research emphasizes the importance of bridge infrastructure as part of interregional transportation connectivity. The Kali Legi Bridge, which serves as a vital route between Blitar and Malang, requires a design update to enhance structural efficiency and visual uniqueness. The methodology involves steps from preliminary design to depiction of planning outcomes. Force analysis utilizes SAP2000 software. By employing a bow-shaped steel frame design, it is expected to produce a more efficient and iconic bridge. With the condition of the existing bridge along 325 meters with the need for 6 pillars, the idea of modifying it into a steel frame arc construction bridge has emerged to avoid the need for many pillars. Bridges with steel frame arc construction were chosen because they are considered more efficient and iconic for bridges in the long span category. This study presents the results of designing a bridge with several main technical parameters. The preliminary design includes an arc height of 35 meters, a segment length of 9.5 meters, a cross-sectional height of 6 meters, and a bridge width of 12 meters. The floor plate has a thickness of 200 mm with a field reinforcement with a diameter of 16 mm and a pedestal reinforcement with a diameter of 12 mm. The longitudinal girders use the WF profile 588.300.12.20, while the transverse girders use the WF 1100.450.16.38 profile. The Mcalloy 520 Bar System M85 cable cross-section with a diameter of 82 mm is able to withstand the load even if one cable breaks in the middle. Recapitulation of the main frame profile shows that the design meets the aerodynamic stability requirements with natural frequencies fb = 0.976 Hz and ft = 2.659 Hz, resulting in a ratio of ft/fb = 2.72 which is greater than the mathifat = 2.5. Vortex shedding analysis shows that the bridge is in zone A (Acceptable) based on the Physiological Safety Control Graph Based on Oscillation Amplitude. The flutter effect showed that the theoretical critical velocity with correction factors η = 0.6 and α = 6 degrees of 53.0378 m/s was higher than the design velocity of 37 m/s. The calculated profile remains qualified from rod segment control during the Staging Analysis, ensuring that this design is feasible for implementation in the field.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur, Jembatan Kali Legi, Rangka Baja, Jembatan Busur, Infrastructure, Kali Legi Bridge, Steel Frame, Arch Bridge
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ida Bagus Gangga Odaka
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:59
Last Modified: 29 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110422

Actions (login required)

View Item View Item