Analisis Kualitas Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Lin G Dalam Membantu Kegiatan Mobilitas Masyarakat di Kabupaten Jember

Putri, Ila Maharani (2024) Analisis Kualitas Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Lin G Dalam Membantu Kegiatan Mobilitas Masyarakat di Kabupaten Jember. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201032-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201032-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (10MB)

Abstract

Studi ini membahas tantang transportasi angkutan umum lin kuning atau yang biasa disebut dengan lin di Kabupaten Jember. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk tinggi dengan luasan wilayah yang besar. Dengan luasan wilayah lebih dari 3.293 km² dengan total penduduk lebih dari 2,5 juta jiwa (Badan pusat Statistik Jawa Timur 2023) tentunya Jember merupakan Kabupaten yang mengalami perkembangan dan perubahan dan bidang transportasi. Oleh karena itu, dibutuhkan angkutan umum untuk memfasilitasi mobilitas atau perpindahan penduduk di kehidupan sehari-hari. Angkutan lin sebagai salah satu angkutan yang masih beroperasi di Kabupaten Jember. Sejak pengoperasiannya pada tahun 1984, angkutan ini telah eksis digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasaan penumpang pengguna angkutan lin terhadap kinerja angkutan eksisting pada Trayek G.
Penelitian ini dilakukan dengan survey melalui penyebaran kuisioner kepada responden, survey statis, dan survey dinamis. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan dilanjutkan dengan analisis data penelitian. Analisis dilakukan dengan menghitung Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk data yang didapatkan dari penyebaran kuisioner. Dari hasil analisi tersebut diperoleh indeks kepuasan pengguna angkutan lin. Untuk data yang didapatkan dari hasil survey statis dan survey dinamis akan dilakukan perhitungan dengan beberpa rumus persamaan yang ada. Dari analisis tersebut akan didapatkan karakteristik kinerja angkutan.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kinerja operasional angkutan termasuk dalam kategori baik dengan nilai kriteria pembobotan sebesar 20 wakaupun masih terdapat beberapa indikator yang memiliki nilai bobot sebesar 1. Sementara berdasarkan penilaian pengguna termasuk dalam kategori buruk dalam metode CSI dengan nilai sebesar 46,47%. Dengan analisis menggunakan metode IPA dapat diambil kesimpulan pula bahwa masih terdapat indikator yang masuk kedalam Kuadran I yang membutuhkan perbaikan yang utama adalah jadwal kedatangan dan keberangkatan. Perbaikan yang diusulkan terhadap indikator tersebut berupa dibuatnya sistem terorganisir oleh stau pengelola dengan sistem upah tetap bagi supir sehingga penjadwalan dapat terlaksana tanpa harus memenuhi target harian.
========================================================================================================================
This study discusses about the transportation of lin kuning public transportation or commonly referred to as lin in Jember. Jember is one of city in East Java that has a high population with a large area. With an area more than 3,293 km² and total population more than 2.5 million people (Badan Pusat Statistik Jawa Timur 2023), Jember is certainly a district that is experiencing development and change at transportation sector. Therefore, public transportation is needed to facilitate mobility or movement of people. Lin is one of the transportation that is still operating in Jember. Since the first operation in 1984, this transportation has been used by the community. This study aims to analyze the level of passenger satisfaction of lin users and existing performance on Route G.
This research was conducted with a survey through distributing questionnaires to respondents, static surveys, and dynamic surveys. After obtaining the required data continued with the analysis of research data. The analysis was carried out by calculating the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) for data obtained from distributing questionnaires. From the results of the analysis, the satisfaction index of lin users is obtained. For data obtained from the results of static surveys and dynamic surveys will be calculated with several existing equation formulas. From the analysis will be obtained lin performance characteristics.
From the analysis conducted, its was found that the operational performance of transportation falls into the good category with a weighting criteria value of 20, although there are still several indicators with a weight of 1. However, based on user assessment using the CSI method, it is categorized as ‘poor’ with a score of 46.47%. An additional conclusion drawn from the IPA analysis is that there are still indicators falling into Quadrant I, which require primary improvements in arrival and departure schedules. The proposed improvement for these indicators involves implementing an organized system by the management team, with fixed wages for drivers, allowing scheduling to be achieved without daily targets.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Kinerja Angkutan Umum, Performance of Public Transportation, Lin, Lyn
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ila Maharani Putri
Date Deposited: 04 Aug 2024 13:20
Last Modified: 04 Aug 2024 13:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110455

Actions (login required)

View Item View Item