Evaluasi Penyebab Terjadinya Kelongsoran pada Jalan Mukmin Faisal, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dengan Menggunakan Pendekatan Cracked Soil dan Alternatif Perencanaan Lereng

Khalishah, Erinna (2024) Evaluasi Penyebab Terjadinya Kelongsoran pada Jalan Mukmin Faisal, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dengan Menggunakan Pendekatan Cracked Soil dan Alternatif Perencanaan Lereng. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201051-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201051-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Mukmin Faisal adalah jalan yang terletak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar sebagai jalan utama. Pada lereng jalan telah diperkuat dengan dinding penahan tanah yang terbuat dari beton siklop yang dikombinasikan dengan minipile segiempat berdimensi 20 x 20 cm. Meskipun telah diberi perkuatan, kelongsoran tetap terjadi pada Jalan Mukmin Faisal dari STA 0+029,6 hingga STA 0+079,6 yang mengakibatkan akses jalan terganggu. Dari permasalahan tersebut, perlu diketahui penyebab terjadinya kelongsoran dan juga perencanaan alternatif untuk perkuatan lereng yang aman dari kelongsoran.
Pada studi ini, perkuatan akan direncanakan berdasarkan hasil analisis stabilitas lereng menggunakan asumsi cracked soil, dimana perkuatan yang direncanakan adalah geotextile dengan facing bronjong yang dikombinasikan dengan berbagai alternatif cerucuk berupa minipile, tiang pancang, bored pile, dan turap. Untuk mempermudah perhitungan, tinggi lereng dikelompokkan menjadi tiga yaitu 9 m, 7 m, dan 6 m.
Berdasarkan hasil analisis, penyebab utama kelongsoran di Jalan Mukmin Faisal adalah adanya retakan pada lereng, sehingga sistem perkuatan lereng eksisting yang tidak direncanakan dengan asumsi cracked soil mengalami kegagalan. Dari perencanaan perkuatan alternatif, didapatkan bahwa perkuatan yang paling efisien dari segi biaya material dan paling memungkinkan untuk dapat dilaksanakan di lapangan adalah geotextile tipe UW-200 dengan facing bronjong yang dikombinasikan dengan bored pile berdiameter 600 mm, dengan total harga sebesar Rp1.725.180.875,14.
========================================================================================================================
Mukmin Faisal Road, located in Balikpapan, East Kalimantan, serves as a main road for the local community. The slope along the road has been reinforced with a retaining wall made of cyclopean concrete combined with square minipiles measuring 20 x 20 cm. Despite the reinforcements, a landslide still occurred on Mukmin Faisal Road from STA 0+029,6 to STA 0+079,6, disrupting road access. From the given issue, it is crucial to determine the cause of the landslides and develop alternative slope reinforcement that ensures safety from future landslides.
In this study, the alternative reinforcement will be planned based on slope stability analysis using the cracked soil approach. The planned reinforcements include geotextile with gabion facing, combined with pile alternatives such as minipiles, driven piles, bored piles, and sheet piles. To simplify the calculations, the slope heights are categorized into three groups: 9 m, 7 m, and 6 m.
Based on the analysis, the primary cause of the landslide on Mukmin Faisal Road is cracked soil, which led to the failure of the existing slope reinforcement system that did not account for the cracked soil. From the alternative reinforcement planning, it was found that the most cost-efficient and feasible solution for implementation is the UW-200 type geotextile with gabion facing, combined with 600 mm diameter bored piles, with a total cost of Rp1,725,180,875.14.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 551.307 ERI e 2024
Uncontrolled Keywords: Mukmin Faisal Road, Cracked Soil Approach, Gabion, Geotextile, Pile, Jalan Mukmin Faisal, Bronjong, Geotextile, Cerucuk
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA780 Piles and pile-driving
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Erinna Khalishah
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:35
Last Modified: 04 Nov 2024 08:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110472

Actions (login required)

View Item View Item