Analisis Tarikan Perjalanan Eksternal akibat Pembangunan dan Pemanfaatan Lapangan Uji (Proving Ground) di Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Tori, Ni Wayan Medita Santipa (2024) Analisis Tarikan Perjalanan Eksternal akibat Pembangunan dan Pemanfaatan Lapangan Uji (Proving Ground) di Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012221100-Master_Thesis.pdf] Text
6012221100-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan penelitian di bidang otomotif ditandai dengan semakin banyak lomba-lomba otomotif yang melibatkan mahasiswa dari perguruan tinggi. Hasil-hasil penelitian tersebut selama ini diuji di sekitar lingkungan kampus tanpa adanya fasilitas uji khusus seperti lapangan uji, sehingga ITS berinisiasi untuk membangun sebuah lapangan uji. Pembangunan Lapangan Uji yang akan dibangun di ITS juga akan dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan olahraga gokart. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model tarikan perjalanan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tarikan perjalanan menuju Lapangan Uji yang akan dibangun di ITS. Metode yang digunakan yaitu dengan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari model persamaan regresi tarikan perjalanan menuju ke Lapangan Uji (Proving Ground) yaitu Y = 36,589 + 6,412 PS – 0,584 WT. Dalam penelitian ini, variabel yang paling berpengaruh yaitu Panjang Sirkuit dan Waktu Tempuh dengan nilai R² pada perhitungan tersebut didapatkan sebesar 0,297. Selanjutnya, hasil dari model persamaan regresi tarikan perjalanan untuk para pengunjung olahraga gokart yaitu Y = 20,569 – 0,08 JT – 0,011 WT – 0,00009 B. Dalam penelitian ini, variabel yang paling berpengaruh yaitu Jarak Tempuh dan Waktu Tempuh dengan nilai R² pada perhitungan tersebut didapatkan sebesar 0,161.
Kata Kunci: Tarikan Perjalanan, Lapangan Uji, Gokart, Analisis Regresi Linier
========================================================================================================================
The development of research in the automotive field is characterized by an increasing number of automotive competitions involving college students. The results of this research have been tested around the campus environment without specialized testing facilities such as a Proving Ground, thus prompting ITS to initiated to build a Proving Ground. The construction of a Proving Ground at ITS will also be utilized as a go-kart activity. The purpose of this research is to develop a trip attraction model and to determine the factors that influence trip atrraction decisions to the Proving Ground to be built at ITS. The method used is Multiple Linier Regression Analysis. The results of the regression equation model of trip attraction to the Proving Ground are Y = 36,589 + 6,412 PS – 0,584 WT. In this study, the most influential variables are Circuit Length and Travel Time with R² value in the calculation obtained at 0,297. Furthermore, the results of the regression equation model of trip attraction for gokart sport visitors are Y = 20,569 – 0,08X1 – 0,011X2 – 0,00009X3. In this study, the most influential variables are Travel Distance and Travel Time with the R² value in the calculation obtained at 0,161.

Keywords: Trip Attraction, Proving Ground, Go-kart, Linier Regression Analysis

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tarikan Perjalanan, Lapangan Uji, Gokart, Analisis Regresi Linier Trip Attraction, Proving Ground, Go-kart, Linier Regression Analysis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ni Wayan Medita Santipa Tori
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:28
Last Modified: 02 Aug 2024 08:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110531

Actions (login required)

View Item View Item