Estimasi Cadangan Klaim Menggunakan Metode Bornhuetter-Ferguson dengan Pendekatan Bootstrap

Mokoginta, Gani Alfrits (2024) Estimasi Cadangan Klaim Menggunakan Metode Bornhuetter-Ferguson dengan Pendekatan Bootstrap. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5006201054-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5006201054-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyelesaian pembayaran klaim biasanya dilakukan oleh perusahaan asuransi setelah klaim dilaporkan dan pada beberapa jenis asuransi dalam penyelesaiannya membutuhkan waktu yang lama atau menunda pembayarannya hingga periode waktu tertentu. Oleh karena itu, perusahaan asuransi harus menyiapkan dana atau cadangan klaim untuk membayar klaim-klaim yang belum terselesaikan tersebut. Apabila perkiraan cadangan klaim kurang baik, maka dapat berakibat kerugian bagi perusahaan asuransi. Metode yang paling sering digunakan oleh perusahaan asuransi dalam estimasi perhitungan cadangan klaim adalah metode Chain Ladder, akan tetapi metode Chain Ladder memiliki beberapa kekurangan karena perhitungan metode Chain Ladder murni berdasarkan data klaim masa lalu, sehingga apabila pola perkembangan kerugian tidak stabil hasil estimasi yang didapat dari metode Chain Ladder kurang memuaskan. Maka dikenalkan metode-metode baru untuk mengestimasi perhitungan cadangan klaim. Maka penelitian ini menggunakan metode Bornhuetter-Ferguson (BF) dan Bootstrap. Metode BF ini dianggap lebih baik dibandingkan metode Chain Ladder karena menggabungkan pengembangan dan eksposur serta memiliki hasil yang konsisten. Metode BF menggabungkan bentuk dari metode Chain Ladder dan metode Loss Ratio. Metode Bootstrap baik digunakan untuk data yang sedikit dengan cara pengambilan sampel random berdasarkan data asli sehingga dapat meningkatkan akurasi estimasi cadangan klaim. Umumnya, data yang digunakan untuk memperkirakan cadangan klaim didasarkan pada data run-off triangle. Data run-off triangle memuat gambaran klaim keseluruhan dan merupakan ringkasan dari suatu data set klaim-klaim individu. Run-off triangle yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data klaim periode Februari 2021 - Agustus 2023 yang dibuat run-off triangle kumulatif. Untuk menentukan metode yang terbaik dalam mengestimasi cadangan klaim digunakan tingkat akurasi MAPE sehingga didapatkan metode dengan tingkat akurasi yang lebih baik. Hasil nilai prediction error dengan menggunakan MAPE untuk metode Bornhuetter-Ferguson dengan dan tanpa menggunakan Bootstrap adalah masing-masing sebesar 33,20913558% dan 41,12752904%. Kedua nilai prediction error sudah terbilang layak dalam mengestimasi cadangan klaim dengan pada kasus kali ini metode Bornhuetter-Ferguson tanpa pendekatan Bootstrap lebih baik dalam mengestimasi cadangan klaim. Hasil total estimasi klaim metode Bornhuetter-Ferguson tanpa pendekatan Bootstrap adalah Rp 608.769.760, -.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Bornhuetter-Ferguson, Bootstrap, Run-off Triangle, Cadangan klaim, MAPE, Bornhuetter-Ferguson method, Bootstrap, Run-off Triangle, Claim reserve, MAPE
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA141 Numeracy--Problems, exercises, etc.
Q Science > QA Mathematics > QA275 Theory of errors. Least squares. Including statistical inference. Error analysis (Mathematics)
Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Actuaria > 94203-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aris Setyo Budi Utomo
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:59
Last Modified: 01 Aug 2024 07:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110620

Actions (login required)

View Item View Item