Strategi Customer Relationship Management (CRM) pada Klaster Industri Lumbung Stroberi Pandanrejo di Kota Batu

Maulidana, Rayhan Aditya (2024) Strategi Customer Relationship Management (CRM) pada Klaster Industri Lumbung Stroberi Pandanrejo di Kota Batu. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010201090-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5010201090-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi menuntut pelaku bisnis untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengelola bisnisnya, termasuk pengembangan Customer Relationship Management (CRM) untuk upaya menarik pelanggan lebih luas lagi. Adanya faktor terciptanya sebuah loyalitas adalah dengan adanya kepuasan dari pelanggan, maka dari itu pelanggan secara otomatis menginginkan kembali mengkonsumsi atau memakai produk tersebut. Sehingga hal tersebut menjadi harapan dari Lumbung Stroberi untuk mencapai keuntungan yang diinginkan. Customer Relationship Management (CRM) diterapkan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengunjung, dengan fokus pada pengalaman wisatawan dan hubungan jangka panjang. Metode Klaster Industri digunakan guna mengintegrasikan usaha pertanian lokal dengan sektor pariwisata, menciptakan sinergi antara petani, pengelola wisata, dan komunitas lokal. The Gartner Competency Model membantu mengidentifikasi dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan untuk mengelola dan mengembangkan destinasi wisata secara efektif. Value Chain Analysis digunakan untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan setiap tahap dalam rantai nilai, dari produksi hingga pemasaran stroberi, guna meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Selain itu, Diamond Porter Model diterapkan untuk menganalisis faktor yang memberikan keunggulan kompetitif bagi Desa Pandanrejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasterisasi industri yang dilakukan yaitu dengan memetakan stakeholders dari Lumbung Stroberi untuk mengetahui apa saja kelebihan dari stakeholders tersebut dan juga apa saja yang dibutuhkan Lumbung Stroberi terhadap stakeholders tersebut. Setelah melakukan pemetaan stakeholders selanjutnya menganalisa menggunakan Value Chain Analysis yang berfungsi guna mengetahui penanggung jawab beserta fungsi dari support activities dan primary activities, selain itu juga menganalisa menggunakan Diamond Porter Model untuk mengetahui aspek internal dan eksternal dalam klaster industri. Selanjutnya, Strategi Customer Relationship Management menggunakan metode The gartners Competency Model menghasilakn strategi dengan 5 aspek yaitu CRM Vision untuk menggambarkan tujuan yang diinginkan, CRM Strategy merupakan rencana atau tindakan untuk mencapai visi, Valued Customer Experience untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, CRM Technology berfungsi untuk memberikan sistem yang terintegrasi, serta Organizational Collaboration mengimplementasikan Customer Relationship Management secara keseluruhan dan efektif.
===============================================================================================
The era of globalization demands that business actors be more innovative and creative in managing their businesses, including the development of Customer Relationship Management (CRM) to attract a wider customer base. Customer satisfaction is a key factor in creating loyalty, and satisfied customers will naturally want to return and use the product again. This is the hope of Lumbung Stroberi to achieve the desired profits. CRM is implemented to enhance visitor satisfaction and loyalty, focusing on the tourist experience and long-term relationships. The Industrial Cluster method is used to integrate local agricultural efforts with the tourism sector, creating synergy between farmers, tourism managers, and the local community. The Gartner Competency Model helps identify and develop the competencies needed to manage and develop tourist destinations effectively. Value Chain Analysis is used to evaluate and optimize each stage in the value chain, from production to strawberry marketing, to increase efficiency and product quality. Additionally, the Diamond Porter Model is applied to analyze the factors that provide a competitive advantage for Desa Pandanrejo. The research results show that industrial clustering is carried out by mapping the stakeholders of Lumbung Stroberi to identify the strengths of these stakeholders and the needs of Lumbung Stroberi from them. After mapping the stakeholders, the next step is to analyze using Value Chain Analysis to determine the responsibilities and functions of support activities and primary activities. Diamond Porter Model is also used to understand the internal and external aspects of the industrial cluster. Subsequently, the CRM strategy using the Gartner Competency Model results in a strategy with five aspects: CRM Vision to outline the desired goals, CRM Strategy as a plan or action to achieve the vision, Valued Customer Experience to enhance customer satisfaction and loyalty, CRM Technology to provide an integrated system, and Organizational Collaboration to implement CRM comprehensively and effectively.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Klaster Industri, The Gartner Competency Model, Value Chain Analysis, Diamond Porter Model.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rayhan Aditya Maulidana
Date Deposited: 31 Jul 2024 20:21
Last Modified: 31 Jul 2024 20:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110638

Actions (login required)

View Item View Item