Maulana, Muhamad Akbar (2024) Pemodelan Sistem Dinamik Untuk Mitigasi Emisi Karbon Dalam Penggunaan Kendaraan Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5026201038-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Nationally Determined Contribution (NDC) merujuk pada komitmen yang diumumkan oleh setiap negara peserta dalam Kerangka Kerja Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFCCC). NDC adalah upaya yang ditetapkan oleh negara-negara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengatasi dampak perubahan iklim berdasarkan situasi, kemampuan, dan tujuan nasional masing-masing. Target penurunan emisi Indonesia, Nationally Determined Contribution (NDC), adalah 29% (upaya nasional) dan 41% (dengan bantuan internasional) pada 2030. Menanggapi dokumen tersebut, Kementerian Perindustrian menerbitkan Keputusan Menteri Perindustrian No. 27 Tahun 2020 yang menyatakan jumlah kendaraan listrik yang harus dicapai demi memitigasi emisi karbon pada sektor transportasi. Penggunaan kendaraan listrik merupakan solusi penting dalam mengurangi dampak polusi dan emisi gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar minyak. Karena hal ini, upaya meningkatkan adopsi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) telah menjadi salah satu pilihan utama dalam mengurangi efek emisi karbon yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pemodelan sistem dinamik untuk mengurangi emisi karbon dari penggunaan kendaraan listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pendekatan sistem dinamik yang digunakan untuk lebih memahami interaksi sebab-akibat di antara variabel yang terlibat dalam meningkatkan penggunaan kendaraan listrik untuk memitigasi emisi karbon. Setelah melakukan pengembangan model, skenario penambahan insentif, stasiun pengisian kendaraan listrik, dan mengefisiensi grid listrik dalam mencapai pemenuhan target kendaraan listrik pada tahun 2030. Pengembangan skenario tersebut menunjukkan tren peningkatan yang berbeda-beda di mana skenario kebijakan insentif dapat memberikan peningkatan jumlah kendaraan listrik sebesar 170% dan skenario peningkatan stasiun pengisian listrik dapat meningkatkan jumlah kendaraan listrik yang cukup tinggi yaitu 511% pada tahun 2030. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk merancang strategi yang tepat dan menjadi evaluasi bagi pemerintah dalam meningkatkan penggunaan kendaraan listrik untuk memitigasi emisi karbon. Penelitian ini juga diharapkan dapat memperluas pemahaman tentang model sistem dinamik dan berfungsi sebagai referensi tambahan yang bermanfaat untuk penelitian lanjutan di bidang ini.
=================================================================================================================================
The Nationally Determined Contribution (NDC) refers to commitments announced by each participating country within the United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). The NDC represents efforts established by countries to reduce greenhouse gas emissions and address the impacts of climate change based on their respective situations, capabilities, and national goals. Indonesia's National Emission Reduction Target/Nationally Determined Contribution (NDC) aims for a 29% reduction (national effort) and 41% reduction (with international assistance) by 2030. In response to this document, the Ministry of Industry issued Minister of Industry Decree No. 27 of 2020, which specifies the number of electric vehicles required to mitigate carbon emissions in the transportation sector. The use of electric vehicles (EV) is a crucial solution for reducing pollution and gas emissions resulting from fossil fuel combustion. Consequently, efforts to increase the adoption of electric vehicles have become a primary option for reducing the effects of carbon emissions. The objective of this research is to apply dynamic system modeling to reduce carbon emissions from the use of electric vehicles. The methodology involves a dynamic systems approach to better understand the cause-and-effect interactions among variables involved in increasing the use of electric vehicles to mitigate carbon emissions. After developing the model, scenarios for additional incentives, electric vehicle charging stations, and grid efficiency were created to achieve the electric vehicle target by 2030. These scenario developments showed varying trends, where the incentive policy scenario could increase the number of electric vehicles by 170% and the charging station scenario could significantly boost the number of electric vehicles by 511% by 2030. This research is expected to provide recommendations for designing appropriate strategies and serve as an evaluation for the government to enhance the use of electric vehicles in mitigating carbon emissions. Moreover, this research aims to expand understanding and serve as a useful reference for further studies in this field.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Dinamik, Emisi Karbon, Kendaraan Listrik, System Dynamics, Carbon Emissions, Electric Vehicles |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhamad Akbar Maulana |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 08:45 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:45 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/110661 |
Actions (login required)
View Item |