Analisis Pengaruh Jarak Pemecah Gelombang Apung Beton Dengan Konfigurasi Ganda Terhadap Gaya Tali Tambat Sistem Catenary Menggunakan Dualsphysics

Yolanda, Noris (2024) Analisis Pengaruh Jarak Pemecah Gelombang Apung Beton Dengan Konfigurasi Ganda Terhadap Gaya Tali Tambat Sistem Catenary Menggunakan Dualsphysics. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5020201023-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5020201023-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan merupakan infrastruktur penting dalam menunjang perekonomian suatu negara. Namun, pemanfaatan pelabuhan di Indonesia belum optimal karena gangguan gelombang laut yang tinggi, yang dapat merusak infrastruktur pelabuhan dan mengganggu aktivitas bongkar muat. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah pembangunan Pemecah Gelombang Apung (PGA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jarak antar PGA beton dengan konfigurasi ganda terhadap gaya tali tambat dengan sistem catenary. Metode Smoothed Particle Hydrodinamics (SPH) dengan perangkat lunak Dualsphysics digunakan untuk menganalisis tegangan maksimum pada tali tambat PGA beton. Hasil penelitian menunjukkan jarak antar PGA mempengaruhi tegangan tali tambat. Pada PGA varian A, jarak 20 cm ke 30 cm mengurangi gaya tali tambat sebesar 20%, sementara jarak 30 cm ke 40 cm meningkat 1%. Pada varian B, jarak 50 cm ke 75 cm meningkatkan gaya 8%, dan jarak 75 cm ke 1 m mengurangi 16%, meskipun terdapat beberapa anomali. Tinggi dan periode gelombang juga mempengaruhi tegangan tali tambat. Tegangan maksimum untuk PGA varian A dengan konfigurasi tunggal terjadi pada ketinggian gelombang 0,18 meter dan periode gelombang 2,21 detik sebesar 185,189 kN pada anchor dan 187,54 kN pada fairlead. Untuk PGA varian B, tegangan maksimum terjadi pada ketinggian gelombang 0,28 meter dan periode gelombang 2,84 detik sebesar 359,75 kN pada anchor dan 362,42 kN pada fairlead. Pada konfigurasi ganda, tegangan maksimum tercatat pada jarak antar PGA 0,2 m untuk varian A dan 0,5 m untuk varian B.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: DualSPHysics, Floating Breakwater, Catenary Mooring System, Mooring Line Tension, DualSPHysics, Pemecah Gelombang Apung, Sistem Tambat Catenary, Tegangan Tali Tambat
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC333 Breakwaters
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC363 Floating harbors. Including floating docks, piers, etc
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Noris Yolanda
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:46
Last Modified: 05 Aug 2024 03:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110769

Actions (login required)

View Item View Item