Evaluasi Perencanaan Eksisting dan Alternatif Perkuatan Tepi Lahan Reklamasi Studi Kasus: Segmen 11 Pelabuhan Wani Donggala

Limbong, Yuca Anastasya (2024) Evaluasi Perencanaan Eksisting dan Alternatif Perkuatan Tepi Lahan Reklamasi Studi Kasus: Segmen 11 Pelabuhan Wani Donggala. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201166-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201166-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Bencana tsunami Palu pada tanggal 28 September 2018 merupakan salah satu bencana alam terbesar di Indonesia. Dampak bencana tersebut juga berpengaruh pada daerah Pelabuhan Wani, Sulawesi Tengah sehingga dilakukannya rekonstruksi pada Pelabuhan Wani untuk memaksimalkan kembali fungsi kerja Pelabuhan. Rekonstruksi yang dilakukan termasuk reklamasi pada tepi lahan Pelabuhan Wani. Reklamasi ini bertujuan untuk memperoleh lahan kering dari lahan yang tadinya tertutup air sehingga dapat dimafaatkan masyarakat sesuai dengan peruntukannya. Pada proyek reklamasi Pelabuhan Wani telah dilakukan perencanaan turap eksiting dengan kedalaman 20,4 m pada daerah segmen 11 tepi lahan reklamasi. Namun, saat dilakukan pemancangan ternyata turap hanya dapat dipancang sampai kedalaman 17 m. Kedalaman pemancangan yang dilakukan pada proyek tersebut dianggap masih terlalu dalam. Oleh karena itu, dalam perencanaan ini dilakukan analisa stabilitas pada turap eksisting tersebut sehingga dapat direncanakan alternatif perkuatan perkuatan yang paling efesien pada tepi lahan reklamasi. Ada dua macam analisa pada perencanaan perkuatan tanah ini yaitu perencanaan perkuatan alternatif untuk turap eksisting dan perencanaan perkuatan turap dengan menggunakan geotekstile pada sisi belakang turap untuk meminimalkan kedalaman pemancangan turap. Analisis turap eksisting dan perencanaan turap dilakukan pada setiap potongan layout pemasangan turap untuk mendapatkan nilai alternatif kedalaman yang paling efisien untuk diterapkan. Dari hasil perhitungan, dimensi perencanaan turap eksisting dengan menggunakan SSP PU-22 Grade 250 tidak aman pada segmen Potongan D dan E, sehingga pada perencanaan alternatif dilakukan peningkatan dimensi turap yaitu dengan menggunakan SSP PU-28 Grade 430. Setelah dilakukan perhitungan untuk medapatkan alternatif kedalaman turap yang lebih efisien diperoleh bahwa panjang alternatif turap pada masing-masing potongan memiliki beberapa variasi yaitu 14 m pada Potongan A, 16 m pada Potongan B, 18 m pada Potongan C, dan 22 m pada Potongan D dan Potongan E dengan total biaya material turap yang dibutuhkan adalah Rp 2.744.746.333,33. Sedangkan untuk perencanaan turap dengan tambahan geotekstile pada sisi belakang turap diperoleh bahwa pemasangan 3 lembar geotekstile dummy yang dipasang m diatas elevasi MSL dengan total panjang pada tiap potongan A s/d E masing-masing 13,75 m maka total panjang turap yang dibutuhkan untuk potongan A s/d E masing-masing 9 m; 11 m; 13 m; 18 m; dan 19 m. Total biaya material pada pemancangan turap dan pemasangan geotekstile ialah Rp 2.103.752.833,33 sehingga perencanaan alternatif yang paling efisien untuk digunakan adalah perencanaan turap dengan perkuatan geotekstile.
==============================================================================================================================
The Palu tsunami on September 28, 2018 was one of the biggest natural disasters in Indonesia. The impact of the disaster also affected the area of the Port of Wani, Central Sulawesi so that it did reconstruction at the port of Wani to maximize the function of the port. Reconstruction carried out included the reclamation on the land edge of the Harbour of Wani. This reclamation is aimed at obtaining dry land from the land that was once covered by water so that can be benefited by the community according to its provisions. On the reclamation project of the Port of Wani has been carried out exciting planned irrigation with a depth of 20.4 m in the area of 11 segments on the edge of the land of reclamation. However, when it was planned, it turned out that the dust could only be sculpted to a depth of 17 meters. The depth of planning done on the project is considered too deep. There are two types of analysis on this land reinforcement planning: alternative reinforcements planning for existing fertilizers and fertilizer reinforcing planning using geo-textiles on the rear side of the fertiliser to minimize the depth of fertilisation planning. Based on the calculations, the dimensions of fertilizer planning existing using SSP PU-22 Grade 250 are not safe in the segment D and E, so in the alternative planning, an increase in the fertiliser dimension is performed using the PU-28 Grade 430 SSP. After calculations were made to obtain a more efficient alternative to the depth of dew, it was obtained that the alternate length of the dew on each piece has several variations, namely 14 m on piece A, 16 m on section B, 18 m in section C, and 22 m in piece D and piece E with the total cost of the material required for dew is Rs 2.744.746.333,33. As for the planned dust with additional geotextile on the back of the dust it is obtained that the installation of 3 sheets of geotekstile dummy mounted m above the elevation MSL with a total length on each piece A s/d E of 13.75 m respectively then the total dust length required for the cut A s / d E of 9 m; 11 m; 13 m; 18 m; and 19 m respective. The total material cost on dust design and geotextile installation is Rs 2.103.752.833,33 so that the most efficient alternative planning to use is dust planning with reinforcement geotextile.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan Wani, turap baja, geotekstile, variasi kemiringan, stabilitas, Wani Port, steel sheet pile, slope variation, stability
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yuca Anastasya Limbong
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:59
Last Modified: 04 Sep 2024 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110771

Actions (login required)

View Item View Item