Arif, Miftakhul AInun (2024) Penentuan Harga Equilibrium di Tingkat Supplier, Distributor, dan Retailer Menggunakan Pendekatan Simulasi Monte Carlo dan Game Theory. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6010221021-Master_Thesis.pdf Download (2MB) |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat dengan pendapatan menengah ke bawah. UMKM perlu pembenahan manajemen lebih terpadu terkait aspek pemasaran, khususnya strategi penentuan harga. Untuk meningkatan profit UMKM diperlukan manajemen yang terpadu yang difokuskan pada strategi penentuan harga. Penelitian ini ditujukan untuk menginvestigasi variabel-variabel yang berpengaruh terhadap penentuan harga jual pada UMKM ‘yang bermain’ sebagai supplier, distributor, dan retailer menggunakan Simulasi Monte Carlo yang dikombinasikan dengan Game Theory untuk menentukan strategi terbaik bagi masing-masing pemain untuk mendapatkan profit tertinggi. Model terdiri atas beberapa skenario terkait perubahan stretegi harga pada supplier, distributor, dan retailer. Penelitian dilakukan pada industri yang tergabung dalam sistem supply chain UMKM makanan tradisional di Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam skema supplier-retailer strategi terbaik untuk supplier adalah strategi high, sedangkan retailer memilih strategi mid yang menghasilkan keuntungan masing-masing sebesar Rp. 135,29 juta dan Rp. 35,68 juta. Untuk skema distributor-retailer strategi terbaik untuk distributor adalah strategi high sedangkan retailer menggunakan strategi mid yang menghasilkan keuntungan masing-masing sebesar Rp. 74,19 juta dan 11,68 juta. Model permainan optimal menggunakan model kooperatif dimana setiap pemain berkompromi dalam menentukan strategi harga yang akan dipilih yang ditujukan agar semua pemain mendapatkan profit yang optimum.
===========================================================
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are the economic drivers of communities in Indonesia, especially mid-lower income society. MSMEs need more integrated management approach, related to marketing aspects, especially in pricing strategy. To increase MSMEs' profits, an integrated management approach focusing on marketing aspects, particularly pricing strategy, is essential. This research investigates the variables that determine the selling price in MSMEs ‘playing’ as suppliers, distributors, and retailers. It employs Monte Carlo simulation combined with Game Theory to identify the best strategy for each player to maximize profit. The model includes several scenarios related to pricing strategy changes at the supplier, distributor, and retailer levels. Research was conducted on industries within the Supply Chain System for Traditional Food MSMEs in Mojokerto. The findings reveal that for supplier-retailer, the best strategy for supplier is high strategy while for the retailer is mid strategy which can earn Rp. 135,29 million and Rp. 35,68 million for each. Similarly, for distributor-retailer, the best strategy for the distributor is high strategy, whereas for the retailer is mid strategy which can earn Rp. 74,19 million and 11,68 million for each. The study concludes that the optimal game model is a cooperative model, where each player compromises in determining the pricing strategy to achieve optimal profit for all.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Harga, Monte Carlo, Game Theory, MSME, Competition strategy |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Miftakhul Ainun Arif |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 06:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/111085 |
Actions (login required)
View Item |