Evaluasi Efektivitas Dan Efisiensi Pada Implementasi Penggunaan Aplikasi Prisca Untuk Proses Pengadaan Barang/Jasa: Pendekatan Lean Six Sigma

Basuki, Heri Evaluasi Efektivitas Dan Efisiensi Pada Implementasi Penggunaan Aplikasi Prisca Untuk Proses Pengadaan Barang/Jasa: Pendekatan Lean Six Sigma. Seminar International Motip 9. (Submitted)

[thumbnail of Tesis_Heri_Basuki_6032222071_Final_rev_hasil_sidang.pdf] Text
Tesis_Heri_Basuki_6032222071_Final_rev_hasil_sidang.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas dan efisiensi implementasi aplikasi PRISCA dalam proses pengadaan barang/jasa di perusahaan jasa pertambangan menggunakan pendekatan Lean Six Sigma. Masalah yang dihadapi adalah ketidakefisienan biaya dan kesulitan kustomisasi sistem ERP yang telah digunakan perusahaan sejak 2014. Untuk mengatasi masalah ini, PRISCA diimplementasikan sebagai alternatif yang lebih ekonomis dan fleksibel. Metode penelitian yang digunakan meliputi pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan survei kepada pengguna serta analisis menggunakan alat Lean Six Sigma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PRISCA berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya pengadaan melalui kustomisasi yang lebih mudah dan biaya lisensi yang lebih rendah. Analisis Lean Six Sigma juga mengidentifikasi area perbaikan lebih lanjut yang meliputi pelatihan pengguna, optimasi server, dan pemantauan kinerja. Dengan implementasi yang tepat, PRISCA dapat menjadi solusi ERP yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan skala operasional perusahaan jasa pertambangan, menghasilkan penghematan biaya yang signifikan dan peningkatan kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : ERP PRISCA, Lean Six Sigma, efisiensi operasional, pengadaan barang/jasa, kustomisasi system

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Heri Basuki
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:23
Last Modified: 01 Aug 2024 07:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111173

Actions (login required)

View Item View Item