Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Content Management System untuk Uji Keterampilan Siswa pada Ruang Training Double Track

Ferdiansyah, Achmad (2024) Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Content Management System untuk Uji Keterampilan Siswa pada Ruang Training Double Track. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201245-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201245-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

SMA Double Track merupakan program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa timur dalam bidang Pendidikan yang mengacu pada KBM reguler dan pembekalan keterampilan kewirausahaan bagi siswa SMA/MA yang akan lulus. Untuk menunjang pembekalan ketrampilan kewirausahaan pada siswa SMA/MA, maka dibuatlah aplikasi Content Management System sebagai sarana kegiatan belajar mengajar yang bertujuan sebagai platform penyedia materi tutorial keterampilan dan uji kompetensi. Aplikasi CMS pada studi ini dibuat menggunakan metode waterfall dengan tech-stack yang digunakan yaitu Google Apps Script sebagai code editor platform sekaligus deployment. Metode waterfall dipilih dalam pengembangan aplikasi CMS dikarenakan diperlukan analisis kebutuhan terlebih dahulu kepada client (pemangku kepentingan SMA Double Track) serta cocok untuk arsitektur aplikasi yang menggunakan arsitektur monolitik. Arsitektur monolitik pada aplikasi ini berada pada seluruh sumber daya aplikasi yang disimpan pada satu tempat yaitu pada code editor Google Apps Script. Tujuan dibuatnya aplikasi CMS ini yaitu untuk memudahkan akses materi tutorial kepada mentor dan siswa serta meningkatkan kemampuan pemahaman materi keterampilan siswa dengan menyediakan fitur uji kompetensi. Pengujian kelayakan aplikasi CMS ini menggunakan metode SUS (System Usability Scale) dengan 10 pertanyaan menggunakan skor 1-5 pada tiap pernyataan yang mewakili sangat tidak setuju hingga sangat setuju yang diisi oleh tester aplikasi. Penggunaan metode SUS dimaksudkan untuk untuk memudahkan pengujian kelayakan aplikasi terhadap pengalaman pengguna yang berkaitan dengan seberapa cepat adaptasi siswa dan mentor dalam menggunakan aplikasi, seberapa dibutuhkannya aplikasi oleh siswa dan mentor, serta kemudahan dalam interaksi antara siswa dan mentor melalui aplikasi. Pengujian dilakukan kepada 5 orang mentor dan 5 orang siswa. Dari hasil uji aplikasi dengan menggunakan metode SUS, dari total 10 orang yang melakukan pengujian aplikasi didapatkan skor akhir yaitu 74,75 yang berarti aplikasi ini layak dan memenuhi aspek yang dibutuhkan dengan skor minimum kelayakan yaitu >70.
================================================================================
The SMA Double Track program, organized by the Provincial Government of East Java in the field of Education, combines regular learning activities with entrepreneurial skills training for high school students (SMA/MA) who are about to graduate. To support this entrepreneurial skills training, a Content Management System (CMS) application was developed as a medium for teaching and learning activities. This platform provides tutorial materials and competency tests. The CMS application in this study was developed using the waterfall method, with Google Apps Script serving as both the code editor platform and deployment environment. The waterfall method was chosen because it necessitates prior requirement analysis with the client (stakeholders of the Double Track High School program) and is suitable for applications with a monolithic architecture. In this application, all resources are stored in a single location, specifically within the Google Apps Script code editor. The purpose of this CMS application is to facilitate access to tutorial materials for mentors and students and to enhance students' understanding of skills materials by providing competency test features. The feasibility of this CMS application was tested using the System Usability Scale (SUS) method, which involves 10 questions with scores ranging from 1 to 5, representing strongly disagree to strongly agree, filled out by the application testers. The SUS method was chosen to simplify the feasibility testing of the application concerning user experience, specifically how quickly students and mentors can adapt to using the application, the necessity of the application for students and mentors, and the ease of interaction between students and mentors through the application. Testing was conducted with 5 mentors and 5 students. From the application testing using the SUS method, a final score of 74.75 was obtained from the 10 testers, indicating that the application is feasible and meets the required aspects, with a minimum feasibility score of >70.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CMS, Training
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ferdiansyah Achmad
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:53
Last Modified: 01 Aug 2024 03:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111269

Actions (login required)

View Item View Item