PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK SCREENING AWAL GANGGUAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA DAN ANAK-ANAK

Irfansyah, Mohamad Rafi and Ananda, M. Fiqri and Prasetyo, Jeremy Diaz (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK SCREENING AWAL GANGGUAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA DAN ANAK-ANAK. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5026201099_5026201105_5026201120-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5026201099_5026201105_5026201120-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Beberapa bentuk dari masalah kesehatan mental yang sering dialami oleh remaja adalah depresi, stres, dan gangguan kecemasan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh sufian, satu dari tiga remaja di Indonesia mengalami masalah kesehatan mental dalam 12 bulan terakhir, angka ini setara dengan 15,5 juta remaja. Remaja didiagnosis dengan gangguan mental sesuai dengan Pedoman Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental Edisi Kelima (DSM-5) yang merupakan pedoman untuk menetapkan diagnosis gangguan mental di Indonesia dan secara internasional. Dengan angka ini, penting bagi remaja untuk sadar akan kondisi kesehatan mental mereka dan melakukan manajemen mandiri secara berkala untuk mencegah perilaku menyimpang akibat dari gangguan mental yang dialami. Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang teknologi bergerak saat ini memungkinkan remaja untuk melakukan screening awal dan manajemen mandiri dimanapun dan kapanpun.
Tugas Akhir ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aplikasi self-management yang dapat membantu pengecekkan kesehatan mental seseorang melalui fitur screening dan edukasi terkait kesehatan. Metode yang digunakan dalam proses pengerjaan tugas akhir ini yaitu terdiri dari studi literatur, penggalian kebutuhan, dokumentasi kebutuhan fungsionalitas, pengembangan desain antarmuka, pembuatan arsitektur aplikasi, pembuatan aplikasi, testing & pilot study, dan penulisan buku tugas akhir. Seluruh metode yang dilakukan mencakup aspek dari proses pengembangan aplikasi mulai dari mengumpulkan kebutuhan pengguna hingga validasi terpenuhinya kebutuhan pengguna oleh aplikasi luaran.
Luaran dari tugas akhir ini merupakan aplikasi kesehatan mental bernama Kalma yang memiliki fitur – fitur untuk membantu pengguna mencapai tujuan kesehatan mereka antara lain self management seperti journaling, breathing meditation, dan music meditation, fitur self screening untuk melakukan pemeriksaan kondisi mental pengguna dengan menggunakan metode DASS-Y, serta artikel kesehatan mental. Aplikasi diuji beberapa kali baik secara internal maupun langsung kepada pengguna. Hasil evaluasi menggunakan kuesioner yang mengadaptasi dari metode Technology Acceptance Model (TAM) menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna dilihat dari 4 aspek, yaitu: kebermanfaatan, kemudahan dalam penggunaan, sikap dan niat untuk menggunakan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata - rata yang didapatkan antara lain nilai dari Perceived Usefulness sebesar 4,76, nilai dari Perceive Ease of Use sebesar 4,8, nilai dari Attitude Towards Use sebesar 4,68, dan nilai Behavioral Intention sebesar 4,83 dalam skala 1-5.
========================================================================================================================
Several forms of mental health issues commonly experienced by teenagers include depression, stress, and anxiety disorders. According to a study conducted by Sufian, one in three teenagers in Indonesia has experienced mental health issues in the past 12 months, equating to 15.5 million teenagers. Adolescents are diagnosed with mental disorders based on the Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition (DSM-5), which is the guideline for diagnosing mental disorders in Indonesia and internationally. Given these numbers, it is crucial for teenagers to be aware of their mental health conditions and to engage in regular self-management to prevent deviant behavior resulting from their mental health issues.
The advancement of technology, particularly in the field of mobile technology, now allows teenagers to conduct initial screenings and self-management anytime and anywhere. This final project aims to develop a self-management application that can help individuals check their mental health through screening features and mental health education. The methods used in this final project include literature study, needs assessment, documentation of functional requirements, interface design development, application architecture creation, application development, testing & pilot study, and final project report writing. All methods encompass aspects of the application development process, from gathering user requirements to validating that the application meets user needs.
The outcome of this final project is a mental health application called Kalma which featuring tools to help users achieve their health goals, such as self-management (journaling, breathing meditation, and music meditation), self-screening for mental health conditions using the DASS-Y method, and mental health articles. The application undergoes multiple testing phases, both internally and directly with users. The evaluation results using a questionnaire adapted from the Technology Acceptance Model (TAM) method show that the application is acceptable to users in four aspects: usefulness, ease of use, attitude, and intention to use. This is evidenced by the average scores obtained, including a Perceived Usefulness score of 4.76, a Perceived Ease of Use score of 4.8, an Attitude Towards Use score of 4.68, and a Behavioral Intention score of 4.83 on scale 1 to 5.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Manajemen Mandiri, Flutter dan Express.JS, Kesehatan Mental Remaja, Kesehatan Mental, Screening Kesehatan Mental, Technology Acceptance Model, Adolescent Mental Health, Flutter and Express.js, Mental Health Screening, Self-Management Application, Technology Acceptance Model
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF318 Learning, Psychology of (Deep learning)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohamad Rafi Irfansyah
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:41
Last Modified: 01 Aug 2024 04:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111460

Actions (login required)

View Item View Item